Dishut: Kondisi Hutan Papua Baik-Baik Saja

share on:

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) dan Konservasi Provinsi Papua, Yan Yap Ormuseray mengatakan kondisi hutan di Bumi Cenderawasih dalam keadaan baik-baik saja, dimana tak ada masalah.

“Jika dibandingkan dengan luas hutan Papua, kondisi hutan aman-aman saja. Sebenarnya yang terjadi itu hanya di spot-spot saja, seperti gangguan di sekitar Syclop,” kata Yan Yap Ormuseray, di Jayapura, Minggu (6/9/2015).

Menurut Yan, tingkat kesadaran masyarakat Papua untuk menjaga hutan sangat tinggi. Meskipun demikian, dirinya meminta seluruh stakeholder untuk diam berpangku tangan menjaga hutan Papua.

“Semua pihak harus tetap menjaga hutan di Papua terus terbuka. Terutama instansi kehutanan kabupaten/kota, masyarakat dan lembaga-lembaga lainnya juga harus menjaga hutan Papua,” katanya lagi.

Disamping itu, ujar Yan, upaya untuk menanam pohon sebagai bentuk pelestarian hutan yang saat ini sedang digalakan tumbuh cukup laris, dimana kegiatan ini hampir terjadi di seluruh kabupaten dan kota di Papua.

“Kesadaran masyarakat Papua untuk menjaga hutan sangat tinggi sekali, apalagi saat ini hampir di semua kabupaten/kota ramai-ramai menanam pohon. Kegiatan seperti ini yang perlu dijaga dan terus ditingkatkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Rosina Upessy mengatakan meskipun eksploitasi terhadap sumber daya hutan semakin tinggi, namun pengorbanan hutan tidak berdampak signifikan terhadap peningkatan indikator kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih.

Selain itu, dalam perkembangannya, disadari pembangunan berkelanjutan tidak hanya terkait dengan aspek lingkungan hidup, namun juga pembangunan ekonomi dan sosial yang dikenal dengan “the living triangle”.

“Tidaklah mungkin lingkungan dapat dijaga dengan baik bila kondisi sosial dan ekonomi masyarakat buruk. Untuk itu, dalam rangka melestarikan lingkungan hidup secara berkelanjutan, pembangunan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan perlu juga dilakukan,” kata Rosina. (Alexander Loen)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dishut: Kondisi Hutan Papua Baik-Baik Saja