Pendaftaran Timsel 14 Kursi Dibuka 15 September 2015

share on:
Tim DPRP Melakukan Pertemuan Dengan Gubernur Papua Lukas Enembe Membahas 14 Kursi  - Jubi/Alex
Tim DPRP Melakukan Pertemuan Dengan Gubernur Papua Lukas Enembe Membahas 14 Kursi – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Setelah mendapat kesepakatan, maka pendaftaran tim seleksi 14 Kursi DPRP untuk tingkat provinsi rencananya akan dibuka pada tanggal 15 September 2015.

Hal ini sebagaimana kesepakatan antara Gubernur Papua, Lukas Enembe dengan para pimpinan dan Panitia Khusus (pansus) DPRP dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Gubernur, di Jayapura, Senin (7/9/2015).

Hadir dalam pertemuan itu, Ketua DPRP, Yunus Wonda, Wakil Ketua III, Yanni, anggota tim pansus diantaranya Elvis Tabuni, Ruben Magay, dan Orgenes Wanimbo.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRP Yunus Wonda mengungkapkan, ini pertemuan secara resmi para pimpinan DPRP, Pansus 14 Kursi dengan Gubernur.

“Jadi pansus melaporkan kesiapan dan proses tahapan 14 kursi. Dimana Gubernur sudah memberikan arahan, kalau tidak ada halangan tanggal 15 September mendatang kami akan buka secararesmi tim seleksi untuk Provinsi,” kata Yunus.

Adapun yang dipilih untuk menjadi tim seleksi 14 kursi, ujar Yunus, adalah sebanyak lima orang yang terdiri dari dua orang dari kalangan akademis, dua orang dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan satu orang dari perwakilan gereja.

“Ini dibuka sesuai arahan gubernur. Jadi tim pansus akan buka pendaftaran di DPRP. Semua dibuka kepada siapa saja,” ucapnya.

Menurut Yunus, setelah perekrutan tim seleksi selanjutnya mereka bertugas untuk merekrut tim seleksi di tingkat kabupaten/kota.

“Kalau pemilihan di tingkat kabupaten/kota itu tugas mereka. jadi sudah bukan tugas pansus DPRP. Setelah itu baru dibuka pendafataran 14 kursi,” katanya lagi.

Yunus menambahkan, untuk 14 kursi dibuka bagi siapa saja baik dari kalangan adat, agama, perempuan. “Pendaftaran dibuka untuk umum. Siapa saja orang Papua bisa datang mendaftar,” tambahnya.

Perekrutan, pengangkatan dan pelantikan 14 anggota DPRP Papua atau yang dikenal 14 kursi adalah sesuai dengan amanat UU NOmor 21 Tahun 21 tentang Otonomi Khusus bagi Papua.

Proses pemilihannya tidak seperti lazimnya pemilihan anggota legislative tetapi proses seleksi oleh DPRP dan MRP. Sebelumnya, DPRP Papua Periode 2009-2014 telah menetapkan Perdasi dan Perdasus tentang 14 Kursi tersebut pada Oktober 2014 lalu. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pendaftaran Timsel 14 Kursi Dibuka 15 September 2015