Pembuatan E-KTP di Kota Jayapura Terkendala Jaringan Internet

share on:

Jayapura, Jubi – Pembuatan KTP elektronik (e-KTP) di Kota Jayapura mengalami gangguan karena jaringan internet yang terhambat. Pasalnya bahwa blanko yang disiapkan dari Kemendagri sebanyak 5.000 unit.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura, Merlan Uloli gangguan jaringan internet tersebut berasal dari kemendagri sebagaimana diberitakan media. Hingga pekan depan, gangguan itu bisa diatasi. Oleh karena itu, ia meminta kepada warga Kota Jayapura agar sabar menunggu hingga proses pembuatan e-KTP selesai.

Akhir bulan Agustus, pihaknya menolak sekitar tiga ratus permohonan e-KTP karena blangko e-KTP kosong dan sudah diberikan surat keterangan bahwa yang bersangkutan sudah melakukan perekaman dan sudah mempunyai NIK Kota Jayapura. Menurutnya, kekosongan ini tidak hanya terjadi di Kota Jayapura, tetapi juga di seluruh kota dan kabupaten di Papua.

“Kami sendiri sangat prihatin, tetapi karena ada perpindahan dan perbaikan server di pusat, sehingga itu yang menyebabkan kenapa sampai saat ini kita belum bisa melakukan pencetakan E-KTP,” kata Merlan Uloli di Kota Jayapura, Selasa (8/9/2015).

Untuk diketahui, Kemendagri telah memberikan surat edaran. Dalam suratnya, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh memohon maaf kepada masyarakat atas terhambatnya proses pencetakan e-KTP.

Menurutnya, sejak Selasa (25/8), fungsi data center mengalami gangguan yang mengakibatkan proses pencetakan mati. Namun demikian, dalam suratnya, Zudan mengungkapkan untuk pelayanan perekaman data masih bisa dilakukan. (Sindung Sukoco)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pembuatan E-KTP di Kota Jayapura Terkendala Jaringan Internet