Rehabilitasi Pecandu Narkoba Didominasi Pelajar dan Mahasiswa

share on:
Kepala BNN Wilayah Papua, Komisaris Besar (Pol) Jakson Lapalonga - Jubi/Arjuna
Kepala BNN Wilayah Papua, Komisaris Besar (Pol) Jakson Lapalonga – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua menyatakan, tahun ini menargetkan merehabilitasi 1.635 pecandu Narkotika dan Obat – obat Terlarang (Narkotika). Namun hingga September 2015, baru 174 pecandu Narkoba yang dihabilitasi.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Wilayah Papua, Komisaris Besar (Pol) Jakson Lapalonga mengatakan, sebagian besar pecandu Narkoba yang direhabilitasi itu merupakan mahasiswa dan pelajar.

“Sebagian besar pecandu yang direhabilitasi adalah mahasiswa dan pelajar, kurang lebih 60 persen. Namun ketika ada pecandu yang rehabilitasi, kami tak membebankan biayanya kepada keluarga,” kata Jakson Lapalonga, Selasa (8/9/2015).

Namun menurutnya, hingga kini Papua belum memiliki tempat khusus merehabilitasi para pecandu Narkoba. Hal itu menyebabkan tak maksimalnya proses rehabilitasi.

“Selama ini rehabilitasi hanya sebatas rawat jalan di klinik BNN di Kabupaten Jayapura dan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Abepura. Kami berharap, pemerintah segera menyediakan lahan untuk pembangunan lokasi rehabilitasi bagi pengguna narkoba,” ucapnya.

Katanya, wilayah yang mengalami peningkatan jumlah pengguna Narkoba jenis ganja dan sabu – sabu yakni Jayapura dan Mimika. Kini BNN Papua bekerjasama dengan TNI/Polri, serta guru mencegah peredaran Narkoba di pemukiman warga dan sekolah.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua, Komisaris Besar (Pol) Patrige Renwarin mengatakan, tempat khusus merehabilitas pecandu Narkoba sangat penting. Hanya saja sarana tersebut hingga kini belum tersedia di Papua.

“Selama ini ketika ada pecandu Narkoba yang terjaring dalam razia yang dilakukan polisi, yang bersangkutan hanya dikembalikan kepada pihak keluarga untuk dibina,” kata Patrige. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Rehabilitasi Pecandu Narkoba Didominasi Pelajar dan Mahasiswa