Berbulan-bulan Kekeringan, Provinsi Enga – PNG Mulai Hujan

share on:
Perdana Menteri Papua Nugini, Peter O'Neill, bertemu petani yang dilanda kekeringan di Southern Highlands - Disediakan / kantor Perdana Menteri PNG
Perdana Menteri Papua Nugini, Peter O’Neill, bertemu petani yang dilanda kekeringan di Southern Highlands – Disediakan / kantor Perdana Menteri PNG

Jayapura, Jubi – Administrator Provinsi Enga, Papua Nugini (PNG), Dr Samson Amean, mengatakan kekeringan parah yang melanda wilayahnya mulai menunjukkan tanda-tanda akan mereda.

Dr Samson Amean mengatakan selama beberapa bulan terakhir, puluhan ribu orang telah dilanda oleh kekeringan parah dan salju. Namun, situasi mulai membaik dengan curah hujan yang turun baru-baru ini.

“Cuaca kering telah meningkat sebenarnya, dengan curah hujan yang kami terima dua minggu terakhir ini. Dan kami telah memiliki air. Tapi, daerah yang telah dilanda salju, menyebabkan semua kebun makanan hilang, rusak,” kata Dr Samson Amean, mengutip laporan Radio New Zealand, Rabu (9/9/2015).

Dr Samson Amean mengatakan prioritas sekarang adalah memastikan daerah yang terkena dampak terburuk menerima kiriman bantuan pangan yang dikirim oleh pemerintah nasional. Untuk pendistribusian bantuan tersebut, baru akan sampai ke daerah-daerah yang parah tersebut dalam beberapa hari kedepan. Saat ini seluruh bantuan sedang dimobilisasi.

Dr Amean mengatakan, lama dan cepatnya pendistribusian bantuan tersebut bergantung pada masalah transportasi. Itu artinya, lanjutnya, bantuan tidak dapat disampaikan lebih cepat.

Beberapa waktu lalu, sebuah laporan yang melalui media setempat menyebutkan, telah ada korban jiwa karena dampak kekeringan dan dingin di wilayah dataran tinggi PNG. Namun, Dr Amean mengatakan, ia belum punya laporan kematian yang berkaitan dengan salju atau kekeringan.

Kendati demikian, bencana dampak kekeringan di Provinsi Chimbu menunjukkan gambar yang berbeda, dengan laporan dari puluhan kematian.

Seperti di Provinsi Enga, respon Chimbu untuk kekeringan, terutama upaya untuk mendapatkan makanan dan air di mana ia kurang banyak, telah terhambat oleh tantangan logistik besar.
Wilayah Provinsi Chimbu juga mengalami beberapa kali hujan dalam seminggu terakhir. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Berbulan-bulan Kekeringan, Provinsi Enga – PNG Mulai Hujan