Bupati Bone Bolago Canangkan PLTS Wilayah Terpencil

share on:

Gorontalo, Jubi/Antara – Bupati Bone Bolango Hamim Pou mencanangkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah terpencil, khusus Desa Pinogu yang tidak memiliki akses jalan memadai.

Ada sebanyak 500 rumah warga di Pinogu akan dialiri aliran listrik dari tenaga surya itu, karena memang desa tersebut sangat jauh dari akses perkotaan.

Untuk mencapai Desa Pinogu yang berada di kawasan hutan lindung Nani Wartabone di Gorontalo itu, hanya bisa dengan jalan kaki yang membutuhkan waktu sekitar delapan jam.

“Ada yang menawarkan jasa ojek ke Pinogu dengan medan jalan yang berat, tentunya rawan kecelakaan karena motornya khusus jenis off road,” kata Kabag Humas Pemkab Bone Bolango, Oktavianus Rahman, Rabu (9/9/2015).

Pencanangan PLTS itu sebagaimana janji bupati sebelumnya untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi semua desa-desa yang ada.

Apalagi pihak Pemkab sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 13 miliar untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalan dan jembatan serta sarana pendukung lainnya.

“Pak bupati akan berupaya semaksimal mungkin pembangunan wilayah terpencil harus optimal dan tepat sasaran,” katanya.

Sementara itu, warga memberikan apresiasi kepada bupati dalam memberikan perhatian serius ke wilayah-wilayah terpencil seperti Pinogu.

“Pinogu memang harus diberikan porsi pembangunan yang besar, karena bertahun-tahun mereka terisolasi dengan sulitnya mendapatkan semua akses infrastruktur,” kata Ridwan, salah satu warga setempat. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Bone Bolago Canangkan PLTS Wilayah Terpencil