PHRI Papua: Pelemahan Rupiah Tidak Pengaruhi Okupansi Hotel

share on:
penyerahan resep masakan lokal Port Numbay-Jubi/Sindung
penyerahan resep masakan lokal Port Numbay-Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Ketua Umum Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Papua, Sahril, mengatakan penurunan nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat tidak mempengaruhi okupansi hotel di Papua.

“Di Papua tidak akan merasakan adanya penurunan nilai mata uang rupiah terhadap dolar, sebab kita kan tidak memanfaatkan dolar. Kita gunakan semua berbahan lokal yang ada di Papua. Tidak berarti lantas pelemahan rupiah membawa dampak signifikan wisatawan manca negara meningkat dan tidak lantas pengunjung lokal anjlok,” katanya kepada Jubi melalui telepon selularnya, Rabu (9/9/2015) sore.

Okupansi hotel, kata Sahril, akan tetap stabil atau berkisar 30-40 persen, bukan karena penurunannya mata uang rupiah terhadap dolar, tapi malah sebaliknya akibat dari pelarangan pemerintah menggunakan hotel-hotel untuk kegiatan instansi.

“Meski diakui juga kini berangsur-angsur hotel menggeliat atas beberapa kegiatan-kegiatan instansi pemerintah sudah banyak ada di hotel-hotel yang ada di Jayapura. Sejak bulan puasa, kami merasakan peningkatan okupansi yang berasal dari tamu-tamu luar daerah seperti dari Jakarta. September ini sangat bagus,” katanya.

Dengan demikian, kembalinya tingkat okupansi akibat sudah banyaknya kegiatan di hotel-hotel ini berdampak seperti efek domino bagi perekonomian Papua.

“Dengan sinergitas ini, tidak hanya hotel-hotel, nelayan dan petani juga diuntungkan dengan kegiatan di hotel-hotel tersebut,” katanya.

Hal yang sama dikemukakan Front Office Manager Hotel Horison Jayapura, Widyastuti, mengemukakan okupansi di hotelnya sangat stabil meski adanya penurunan nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS.

“Sampai saat ini kita bagus. Bulan Agustus mencapai 70 persen sewa kamar. Tidak ada pengaruh kenaikan dolar. Beberapa event promo dilakukan Horison seperti promo Independence day dan weekend package yang berlaku hingga akhir tahun,” katanya. (Sindung Sukoco)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PHRI Papua: Pelemahan Rupiah Tidak Pengaruhi Okupansi Hotel