Awal Oktober, Kabel Optik SMPCS Diperbaiki

share on:

Jayapura, Jubi – Kabel optik SMPCS akibat gempa hingga putus di perairan Sarmi Minggu, 26 Juli lalu akan diperbaiki. Putusnya kabel tersebut menyebabkan komunikasi di Papua selama dua bulan terakhir terganggu.

“Kami masih menunggu kapal yang akan sandar di Port of Jayapura, yang diperkirakan datang pada 21 September 2015. Setelah itu mereka akan segera memperbaiki ke wilayah Sarmi,” ujar General Manager ICT Network Telkomsel Regional Papua Maluku, Permata J. Simarmata ketika ditemui Jubi di Kota Jayapura, Jumat (11/9/2015).

Ditanya kemungkinannya, apakah ada rencana perpindahan kabel optik yang akan dilakukan sama dengan perpindahan awal saat putusnya SMPCS di bulan April. “Itu akan pasti akan dilakukan setelah hal tersebut diteliti kapal yang bernama Ille de Re untuk memperbaiki SMPCS tersebut,” lanjutnya.

Vice President Sales Area Pamasuka, Agus Mulyadi mengatakan terkait dengan putusnya kabel optik di Sarmi ini juga mempengaruhi bisnis Telkomsel.

Oleh karena itu, ia mengharapkan agar awal Oktober sudah selesai sehingga masyarakat bisa menikmati layanan telkomsel dengan baik.

Kabel optik yang ada di Jayapura putus di wilayah 367 Km dari Jayapura menuju Sorong. Akibatnya, jaringan seluler dan data di beberapa wilayah terganggu. Telkomsel menyiapkan satelit cadangan dengan kapasitas data jauh lebih kecil daripada Sulawesi, Maluku, Papua Cable System (SMPCS). Kapasitas satelit cadangan tersebut 686 MB. (Sindung Sukoco)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Awal Oktober, Kabel Optik SMPCS Diperbaiki