Delapan SKPD di Yogyakarta Diusulkan Bebas Korupsi

share on:

Yogyakarta, Jubi/Antara – Pemerintah Kota Yogyakarta mengusulkan delapan satuan kerja perangkat daerah untuk ditetapkan sebagai wilayah bebas korupsi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Tahun lalu ada dua instansi di lingkungan Pemkot Yogyakarta yang ditetapkan sebagai wilayah bebas korupsi (WBK) yaitu Dinas Perizinan dan Kantor Pengelola Taman Pintar,” kata Kepala Bagian Organisasi Pemkot Yogyakarta, Kris Sardjono Sutedjo, di Yogyakarta, Minggu (13/9/2015).

Delapan instansi yang diusulkan menjadi wilayah bebas korupsi pada tahun ini adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah, Kecamatan Kotagede, Kecamatan Kraton, Dinas Kesehatan, Kecamatan Danurejan, Kecamatan Mergangsan, dan Rumah Sakit Jogja.

Sedangkan dua instansi yang sudah memperoleh predikat sebagai wilayah bebas korupsi akan diajukan untuk memperoleh predikat lebih tinggi yaitu wilayah bersih bebas melayani (WBBM).

Pemerintah Kota Yogyakarta rutin mengusulkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau instansi untuk ditetapkan sebagai wilayah bebas korupsi sejak 2013. Hasil usulan pada 2013 baru ditetapkan pada 2014.

“Ada banyak indikator yang dijadikan sebagai dasar penilaian. Khususnya 21 indikator zona integritas, seperti tidak ada temuan pelanggaran keuangan, memiliki standar pelayanan, dan indeks kepuasan masyarakat,” katanya.

Kris menyebut Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki nilai yang cukup baik untuk pelaksanaan reformasi birokrasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Nilai Kota Yogyakarta adalah 76 atau yang tertinggi di Indonesia. Kementerian PAN-RB ingin menjadikan Kota Yogyakarta sebagai `role model’ untuk daerah lain,” katanya.

Ia berharap masyarakat terus memberikan masukan mengenai pelaksanaan reformasi birokrasi yang dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta khususnya dalam bidang pelayanan publik.

Tujuan utamanya adalah peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih baik dari waktu ke waktu, katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Dewi Wulandari
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Delapan SKPD di Yogyakarta Diusulkan Bebas Korupsi