Pusat Diminta Segera Selesaikan Masalah DPRD Mimika

share on:
Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa - Jubi/Alex
Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua meminta pusat untuk segera menyelesaikan masalah pelantikan 35 anggota terpilih DPRD Mimika. Apalagi persoalan tersebut sudah disampaikan ke Bawaslu dan KPU pusat beberapa waktu lalu, di Jakarta.

“Semua hasil pertemuan di Jayapura bersama Gubernur Papua sudah dilaporkan kepada Bawaslu dan KPU Pusat,” kata Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa, di Jayapura, Minggu (13/9/2015).

Dalam persoalan ini, ujar Wakerkwa, bupati maupun anggota DPRD terpilih tidak ada yang salah. Tetapi kesalahan ada pada oknum anggota KPU Mimika.

Oleh karena itu, masalah tersebut pada akhirnya menjadi polemik yang panjang lantaran KPU, Panwaslu tak mampu menyelesaikannya, sehingga harus diselesaikan oleh pemerintah.

Jadi, saran dan masukan yang kita sampaikan ke KPU dan Bawaslu bisa lahirkan keputusan yang dapat diterima oleh semua pihak soal SK mana yang sah.

“Jika nanti sudah ada keputusan, mari kita melaksanakannya. Tidak perlu memprovokasi orang lain karena kalau terjadi konflik maka kita semua yang akan mengalami kerugian,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku tidak akan menandatangani surat keputusan (SK) pelantikan 35 anggota DPRD Mimika, jika masalah tersebut belum juga tuntas.

“Selama belum beres, saya tidak mau tanda tangan. Karena itu bikin masalah, Timika sangat rawan konflik, nantinya kalau terjadi apa-apa gubernur yang disalahkan,” kata Lukas Enembe, Kamis (3/9/2015).

Enembe jelaskan, hasil pertemuan dirinya bersama KPU Papua dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Rabu (2/9/2015) lalu belum juga mencapai titik temu, karena bupati tetap bersikukuh, SK 16a tentang nama-nama 35 anggota DPRD Mimika itulah yang harus dilantik dan sah.

“Memang dari dulu sudah deadlock masalah DPRD Timika dan memang belum diputuskan belum ada titik temu, karena persoalan SKnya,” katanya. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pusat Diminta Segera Selesaikan Masalah DPRD Mimika