Polisi Australia Hadapi Jalan Panjang Untuk Bertugas Di PNG

share on:

Jayapura, Jubi – Seorang akademisi dari Universitas Nasional Australia mengatakan ada banyak masalah yang mesti dipilah-pilah sebelum polisi Australia mengambil tugas di garis depan Papua Nugini.

 

Sebelum tahun 2005, Polisi Federal Australia (AFP) telah dikerahkan dalam kapasitas operasional tetapi mereka ditarik kembali setelah Mahkamah Agung PNG memutuskan bahwa hal itu tidak sesuai konstitusional dalam memberikan kekebalan terhadap mereka.

 

Sinclair Dinnen, seorang profesor dari ANU Society & Pemerintahan di Program Melanesia, mengatakan hal ini bisa membuktikan adanya penghalang yang signifikan untuk memiliki petugas AFP yang mengambil peran terdepan di PNG.

 

“Yang pada gilirannya semacam menimbulkan pertanyaan tentang, anda tahu situasi hukum di Papua Nugini khususnya di bawah konstitusi. Jadi, ada berbagai masalah yang harus diselesaikan sebelumnya berkaitan kepolisian Australia di operasional kepolisian,” kata Dinnen, seperti dilansir Radio New Zealand, Rabu (16/9/2015).

 

Saat ini ada lebih dari 70 petugas polisi Australia bersenjata yang dikerahkan di PNG dalam peran sebagai penasehat. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polisi Australia Hadapi Jalan Panjang Untuk Bertugas Di PNG