TPA Waibron Seperti Hutan

share on:

Sentani, Jubi – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang sedang dibangun Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura sejak tiga tahun lalu belum jelas. Pasalnya bahwa jalan masuk ke areal TPA tersebut ditumbuhi pepohonan layaknya hutan.

Hal itu diakui Kepala Dinas Kebersihan Tatakota Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Jayapura, Zakarrudin. Menurut dia, kondisi tersebut sudah dibicarakan kepada pimpinan daerah.

“Kami lalu melakukan koordinasi lagi kepada dinas terkait. Namun hasilnya sampai detik ini tidak ada. Ini persoalan tempat penampungan sampah akhir bagi masyarakat Kabupaten Jayapura, secara khusus masyarakat perkotaan. Tempat tersebut sudah ada pembicaraan dengan pemilik hak ulayat, bahkan setengah harga tanah tersebut sudah dibayar,” katanya kepada Jubi di Sentani, Rabu (16/9/2015).

Setelah DKPP baru terbentuk, pihaknya membicarakan hal tersebut kepada tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh adat setempat.

“Komunikasi awal sudah kami bangun di sana dengan tujuan agar benar-benar TPA tersebut berjalan dengan baik. Kami merekrut tenaga lokal setempat untuk bekerja di tempat itu. Ini sama halnya dengan buang-buang uang tanpa ada hasil,” katanya.

Sebelumnya Ketua DPR Kabupaten Jayapura Edison Awoitau melakukan tatap muka dengan pemilik ulayat, tokoh agama, pemuda dan masyarakat kampung Waibron, Distrik Sentani Barat Moi.

“Saya melakukan tatap muka dengan pemilik hak ulayat untuk membicarakan nasib mereka di atas tanah yang telah dibeli pemerintah, artinya ketika tempat pembuangan akhir ini berfungsi maka yang bekerja di sana adalah masyarakat setempat. Hal ini langsung saya koordinasikan dengan instansi terkait untuk mengaturnya. Dengan demikian pembangunan akan berjalan terus,” ujarnya. (Engel Wally)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TPA Waibron Seperti Hutan