Pemerintah Kaledonia Baru Minta Sesi Nikel dalam Sidang Kongres

share on:
Kota Noumea saat ini  – Jubi/Victor Mambor
Kota Noumea saat ini – Jubi/Victor Mambor

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kaledonia Baru meminta sidang khusus Kongres akhir bulan ini untuk mengatasi masalah besar tentang ekspor nikel.

Permintaan ini datang di tengah kebuntuan dalam pembicaraan yang diikuti demonstrasi bulan lalu oleh sopir truk atas kebijakan pemerintah untuk tidak menyetujui ekspor rendah bijih nikel ke China setelah penurunan ekspor ke Australia.

Para supir yang bergabung dengan penambang tradisional dan para bekas penambang di wilayah pertambang nikel menentang sikap pemerintah yang dimotori oleh partai utama, Caledonia Union.

France TV di Kaledonia Baru, Kamis (17/9/2015) melaporkan bahwa enam dari sebelas anggota pemerintah kolegial telah memberikan suara mendukung sesi khusus di Kongres tentang masalah ekspor ke China.

Kantor Presiden, Philippe Germain dari Caledonia Union di Noumea, telah mengindikasikan sesi kongres khusus akan berlangsung pada tanggal 28 September.

Caledonia Union dianggap bertentangan dengan kelompok Republik yang menuntut pemerintah memeriksa kembali aturan pelarangan ekspor dan segera memutuskan ekspor bijih nikel ke China.

Partai Republik juga mendorong perdebatan khusus pada strategi nikel di wilayah itu. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemerintah Kaledonia Baru Minta Sesi Nikel dalam Sidang Kongres