Ratusan Orang Daftarkan Diri Sebagai Calon Pansel 14 Kursi ke DPRP

share on:
Suasana Pendaftaran Calon Anggota Pansel Provinsi 14 Kursi di DPR Papua, Kamis (17/9/2015) – Jubi/Arjuna
Suasana Pendaftaran Calon Anggota Pansel Provinsi 14 Kursi di DPR Papua, Kamis (17/9/2015) – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Ratusan orang mendaftarkan diri ikut seleksi calon anggota Panitia Seleksi (Pansel) provinsi 14 Kursi untuk orang asli Papua melalui pengangkatan di DPR Papua, Kamis (17/9/2015).

Data yang dihimpun media ini, hingga pukul 15:30 WIT, sudah ada 101 orang yang mendaftarkan diri ke Panitia Khusus (Pansus) 14 kursi DPR Papua di gedung parlemen setempat.

Ketua Pansus, Emus Gwijangge mengatakan, jumlah pendaftar kemungkinan akan bertambah, lantaran waktu  pendaftaran calon Pansel provinsi selama tiga hari (17-19 September 2015).

“Kemungkinan jumlah itu masih bertambah. Tapi hingga kini belum ada pendaftar non Papua. Padahal ini dibuka untuk siapa saja. Dalam Perdasus nomor 6 tahun 2014 tentang 14 kursi, tak mengatur anggota Pansel harus orang asli Papua. Kecuali anggota DPRP dari 14 kursi barulah orang asli Papua,” kata Emus kepada Jubi, Kamis (17/9/2015).

Namun lanjut dia, tak menutup kemungkinan, disisa waktu pendaftaran dua hari lagi, ada calon anggota Pansel non Papua yang mendaftarkan diri. Katanya, pada prinsipnya, Pansus DPR Papua akan menerima siapapun berkas siapapun yang mendaftarkan diri selama ini memenuhi syarat adminsitrasi. Lolos tidaknya jadi calon anggota Pansel provinsi akan ditentukan pada tahapan berikutnya.

Sementara Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, proses seleksi yang dilaksanakan Pansus harus trasparan, bertanggungjawab, demokratis, jujur dan terbuka.

“Ini salah satu yang menjawab UU 21. Sudah ada MRP dan juga sudah ada dana Otsus. Hari ini 14 kursi sudah mulai memasuki tahapan.  Kami sampaikan kepada seluruh rakyat Papua terimakasih atas segala dukungannya. Kami tahu banyak kendala yang kami hadapi dalam proses ini. Tapi kami tahu itu adalah dinamika. Tak semua proses harus berjalan mulus tapi pasti ada polemik yang akan muncul,” kata Yunus Wonda. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ratusan Orang Daftarkan Diri Sebagai Calon Pansel 14 Kursi ke DPRP