Telkomsel dan PLN Bisa Digugat Masyarakat

share on:

Jayapura, Jubi – Masyarakat bisa melakukan class action ihwal pelayanan publik BUMN atau BUMD melalui pengadilan negeri setempat.

“Bisa. Masyarakat bisa tuntut Telkomsel atau PLN dengan class action atau gugatan terbuka,”  kata salah seorang pengacara, Wahyu Wibowo ketika ditemui Jubi di Pengadilan Kelas IA Jayapura, Abepura, Kota Jayapura, Kamis siang, 17 September 2015.

Karena itu, ia menyarankan agar masyarakat membuat kelompok dan menyiapkan bukti dan saksi untuk melakukan gugatan terbuka terhadap pelayanan Telkomsel atau masalah Token Listrik.

“Kita coba saja to? Menang kalah itu ‘kan proses,” ujarnya.

“Yang terpenting adalah masyarakat harus melakukan laporan kepada yayasan lembaga bantuan hukum (YLBHI) untuk dilakukan pendampingan hukum.

Albert Bolang, juga mengatakan hal yang sama, tidak ada yang membedakan badan hukum dan orang adalah sama dimata hukum. “Bisa, mereka bisa di gugat kok atau dilakukan class action,” jawabnya singkat.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Semarang, Ngargono, menilai, masyarakat yang terdaftar sebagai pelanggan PLN bisa melakukan gugatan class action/legal standing kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Ini menyusul adanya gangguan pemadaman aliran listrik untuk beberapa wilayah di Jateng dan sebagian DIY Selasa, 3 September malam.

Menurut Ngargono, seperti dilansir okezone.com, gugatan tersebut bisa menjadi media edukasi kepada konsumen, mengingat konsumen selama ini selalu berada pada objek yang selalu dirugikan karena pemadaman listirik PLN. (Sindung Sukoco)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Telkomsel dan PLN Bisa Digugat Masyarakat