BKD Ingatkan PNS Untuk Netral Dalam Pilkada

share on:
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Papua, Nicholaus Wenda - Jubi/Alex
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Papua, Nicholaus Wenda – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Papua, Nicholaus Wenda mengingatkan jajaran PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua untuk netral dalam Pilkada jika tak ingin terkena sanksi.

“Jika tak ingin kena sanksi, PNS harus mengundurkan diri terlebih dulu apabila ingin mendukung salah satu kandidat maupun gubernur,” kata Nicholaus Wenda, di Jayapura, Jumat (18/9/2015).

Menutur Nicholaus, hal ini juga telah disampaikan Menpan, jika pegawai sipil atau pegawai aparat negara yang mendukung salah satu kandidat, maka harus mengundurkan diri sebagai PNS.

“Mereka harus mengundurkan diri sesuai dengan undang-undang ASN, sebab pegawai tidak diperkenankan mendukung salah satu kandidat atau terlibat politik,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku sampai hari ini dirinya baru menerima satu surat resmi dari calon incumbent yang akan maju dalam Pilkada serentak di 11 kabupaten, sementara yang lain belum.

“Kalau staf saya sudah ada satu, yang sebelumnya menjabat staf ahli gubernur, yaitu bapak Kayame. Beliau akan maju di Nabire dan sudah mundur secara resmi. Baru satu itu yang lain belum ada,” kata Lukas Enembe, Senin (24/8/2015).

Menurut Enembe, para incumbent yang akan maju dalam Pilkada nantinya tak perlu mundur dari jabatan sebab undang-undang mengatur mereka hanya perlu cuti saat berkampanye. Meskipun demikian, para incument tidak menggunakan fasilitas negara saat berkampanye, apalagi menggunakan uang negara.

“Saya ingatkan para incumbent supaya tidak menyalahgunaan kekuasaan,” ucapnya.

Enembe katakan, saat ini yang menjadi fokus pemerintah provinsi adalah bagaimana menyiapkan pejabat carekater bupati yang rencananya akan dilantik pada Oktober mendatang.

“Intinya ada beberapa daerah seperti Keerom, Asmat, Waropen yang kami sedang persiapkan caretakernya. Bila tak ada halangan akan kami lantik pada Oktober 2015,” katanya lagi. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BKD Ingatkan PNS Untuk Netral Dalam Pilkada