El Nino, Ribuan Orang Fiji Dilanda Kekeringan

share on:
Pertanian dan perkebunan tani mengering karena kekurangan air. (Ist)
Pertanian dan perkebunan tani mengering karena kekurangan air. (Ist)

Jayapura, Jubi – Kekeringan El Nino mulai melanda Fiji, salah satu negara kepulauan di Pasifik. Lebih dari 50 ribu orang mengalami kekurangan air, atas dampak kekeringan yang diprediksi akan berlangsung hingga tahun depan.

Laporan Radio New Zealand, akhir pekan lalu mengatakan, kantor manajemen bencana Fiji menyebutkan lebih dari 50.000 orang terpengaruh oleh musim kering yang berkepanjangan di barat dan utara negara itu.

Direktur NDMO, Akapusi Tuifagalele, mengatakan kantornya telah mempersiapkan pasokan, dengan truk air dan tangki siaga di Utara dan Divisi Barat Fiji. Dia mengatakan, komandan divisi berada di daerah yang terkena dampak untuk memastikan masyarakat dapat mengatasi kekeringan ini dengan apa yang diprediksikan bahwa El Nino tahun ini akan menjadi salah satu yang paling parah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Tuifagalele mengatakan kepada Berita FBC bahwa beberapa pulau kecil, pulau-pulau lepas pantai juga dipengaruhi musim El Nino dan mereka akan menerima tangki air dalam pekan depan. (Yuliana Lantipo)

 

 

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  El Nino, Ribuan Orang Fiji Dilanda Kekeringan