Jelang HUT TNI ke-70, BNN Papua dan TNI Bekuk 10 Pengguna Narkotika

share on:
Tim gabungan TNI dan BNN Papua saat memeriksa urine dari pata pengunjung di salah satu tempat hiburan malam guna memberantas Narkotika di Papua - Jubi/Roy Ratumakin.
Tim gabungan TNI dan BNN Papua saat memeriksa urine dari pata pengunjung di salah satu tempat hiburan malam guna memberantas Narkotika di Papua – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-70, pihak TNI menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua menggelar sweeping atau rasia terhadap anggota TNI yang menggunakan narkotika diwilayah hukum Kota Jayapura, tak terkecuali masyarakat sipil yang juga kedapatan akan diproses seuai hukum yang berlaku.

 

Razia yang digelar pada Sabtu (19/9/2015) mulai pukul 22.00 WIT hingga Minggu (20/9/2015) pukul 01.30 WIT dini hari tim gabungan sebanyak 50 personil yang tergabung dari TNI dan BNN Papua berhasil mengamankan 10 orang positif menggunakan Narkotika melalui test unire di tempat.

Tiga lokasi yang menjadi sasaran operasi yaitu Bar Horisan dan Bar Vista yang beralamat di jalan baru Abepura dan Bar Blue Angel di kawasan Entrop. Dalam operasi di dua tempat hiburan malam tepatnya dijalan baru Abepura tim gabungan berhasil mengamankan lima orang yang positif menggunakan narkotika setelah dilakukan test urin di tempat serta pihak gabungan berhasil mengamankan satu oknum TNI yang tidak memiliki surat dokumen.

Selanjutnya tim bergerak ke Bar Blue Angel, di tempat hiburan malam tersebut tim kembali menangkap lima orang yang juga positif menggunakan narkotika setelah dilakukan test unire di tempat. Plt. Kabid Pemberantasan BNN Papua Katharina Hinike Lelang Aya kepada wartawan mengatakan bahwa operasi ini untuk mendukung TNI memberantas narkotika di tubuh mereka. “Selanjutnya menyukseskan HUT TNI ke-70 yang jatuh pada 5 Oktober 2015 mendatang,” katanya.

Katharina menambahkan, dari tiga tempat hiburan tersebut pihaknya berhasil menjaring tiga orang pramuria dan tujuh pengunjung yang positif menggunakan narkotika. Disinggung narkotika jenis apa, Katharina mengatakan ada yang menggunakan shabu dan juga Ganja.

“Dua pramuria menggunakan shabu dan delapan lainnya menggunakan ganja. Mereka langsung kami giring ke Kantor BNN Papua untuk diperiksa lebih lanjut. Kalau positif, mereka langsung dilakukan rehabilitasi,” ujarnya.

Ditempat yang sama, salah satu anggota Polisi Militer (POM) TNI, Kapten Pomal Siswanto mengatakan apa yang dilakukan pihaknya adalah memberantas narkotika ditubuh TNI dan juga menjelang HUT TNI ke-70. “Kami akan melakukan sweeping ini hingga perayaan HUT TNI nantinya. Target utamanya anggota TNI, namun masyarakat sipil yang tertangkap tetap akan diproses,” kata Siswanto. (Roy Ratumakin)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jelang HUT TNI ke-70, BNN Papua dan TNI Bekuk 10 Pengguna Narkotika