PMI Biak Andalkan Pendonor Sukarela

share on:

Biak, Jubi/Antara – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Biak Numfor, Papua hingga 2015 mengandalkan pendonor sukarela untuk memenuhi kebutuhan darah bagi pasien yang akan menjalani operasi.

 

Sekretaris Palang Merah Indonesia Fery Moningka di Biak, Minggu (20/9/2015), mengakui, kebutuhan permintaan darah untuk keperluan operasi pasien di rumah sakit sangat tinggi hingga belasan kantong setiap hari.

 

“Suplai kebutuhan darah paling mudah diperoleh melalui pendonor sukarela dari keluarga pasien serta prajurit TNI/Polri yang selalu siap memberikan bantuan darah,” kata Sekretaris PMI Fery Moningka menanggapi kebutuhan darah menghadapi hari raya Idul Adha 1436 H.

 

Ia mengatakan, untuk kebutuhan darah pasien yang akan dilakukan operasi karena penyakit tertentu paling dominan jenis golongan darah O serta, golongan darah A dan B. Upaya lain dilakukan PMI untuk memperoleh bantuan darah, menurut Fery, melalui kegiatan bhakti sosial donor darah dilakukan organisasi kemasyarakatan, instansi pemerintah BUMN/BUMD serta satuan organisasi TNI dan Polri.

 

“PMI sangat terbantu dengan aksi sosial donor darah, karena dengan satu kegiatan bisa memenuhi kebutuhan berbagai jenis puluhan kantong golongan darah,” katanya.

 

Hingga menjelang H-4 Lebaran Idul Adha stok kebutuhan darah untuk golongan A dan B masih terpenuhi sedangkan jenis golongan darah O sudah menipis. (*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PMI Biak Andalkan Pendonor Sukarela