Beberapa Guru di Nduga Tak Pernah Mengajar, Tapi Gajinya Lancar

share on:

Wamena, Jubi – Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nduga, Namia Gwijangge mengatakan beberapa oknum guru di kabupaten itu tidak pernah mengajar atau hanya menerima gaji.

“Benar Pak. Ada banyak guru yang sejak diangkat jadi PNS sampai sekarang tidak pernah masuk kantor. Jangankan masuk kantor menginjakkan kaki di Kabupaten Nduga saja sampai detik ini tidak pernah,” kata Namia Gwijangge ketika ditemui Jubi di Wamena, Jayawijaya, Senin (21/9/2015).

Ia mengakui sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi kondisi tersebut, termasuk memberikan pelatihan dan bekal agar betah di kabupaten yang baru dimekarkan dari Jayawijaya beberapa tahun lalu itu. Toh masih saja oknum guru tersebut membandel alias tidak pernah mengajar.

“Padahal insentif besar, ada juga dana BOS, tapi sampai sekarang mereka makan gaji buta,” katanya. Pihaknya dikabarkan sudah melaporkan kepada bupati agar menghentikan guru yang malas mengajar tersebut.

Sebelumnya seorang warga kabupaten Nduga, Lepinus mengeluhkan banyak sekolah yang tidak aktif melaksanakan kegiatan mengajar.

“Di Keneyam, ibu kota kabupaten Nduga saja guru tidak aktif, apalagi di distrik-distrik yang jauh. Sampai sekarang ada guru yang tidak pernah datang ke kabupaten Nduga, kasihan anak-anak,” kata Lepinus. (Wesai H.)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Beberapa Guru di Nduga Tak Pernah Mengajar, Tapi Gajinya Lancar