Fraksi PDIP di Jayapura Bakal Mogok Selama Sebulan

share on:

Sentani, Jubi – Buntut dari batalnya rapat penentuan jadwal dan pembentukan panita khusus (Pansus) DPR kabupaten Jayapura, Senin (21/9/2015) Ketua fraksi dan Ketua PDI Perjuangan Hermes Felle mengancam akan menonaktifkan tiga anggotanya.

“Saya akan perintahkan ketiga anggota saya untuk mogok kerja selama sebulan, kami juga akan melayangkan mosi tidak percaya kepada ketua DPR yang tidak menjalankan tupoksinya dengan baik. Prinsip kolektif kolegial itu sudah jelas, kalau situasinya seperti ini, kerja kami sebagai anggota dewan akan terus terhambat,” katanya kepada Jubi di Sentani, Senin siang.

Disebutkan bahwa fungsi wakil ketua sudah diambil alih ketua, “lalu kedua wakil ini harus kerja apa? Berarti yang namanya kolektif kolegial sebagai prinsip dasar kerja kami di sini sudah tidak berlaku lagi,” ujarnya.

“Kalau semua kewenangan diambil alih oleh ketua, lalu ketuanya sendiri jarang ditempat, maka apa kerja wakil-wakil pimpinan di dewan yang terhormat ini,” katanya lagi.

Ketua fraksi Gabungan, Apolos Yambeyabdi mengatakan, tidak ada pembagian tugas yang merata di antara ketiga pimpinan dewan.

“Selama saya jadi anggota dewan dan ini menjadi persoalan kami di fraksi gabungan adalah kurangnya pembagian tugas di antara pimpinan dewan, sistem kolektif kolegial itu seperti tidak berjalan,” katanya.

Sekretaris fraksi Golkar, Stenly Ondikleuw meminta kepada Partai yang bersangkutan untuk dapat memberikan teguran terhadap anggotanya yang sama sekali tidak menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Ketua DPR.

“Dalam kantor yang terhormat ini tidak ada anak kecil yang bekerja, jangan terlalu meremehkan segala sesuatu karena jabatan. Kami ditugaskan untuk mengawal semua aspirasi rakyat melalui 25 anggota dewan yang bekerja saat ini. Kalau jalur koordinasinya sudah jelas, kenapa mau menghalangi apa yang harus dibicarakan saat ini? Sudah ada dua wakil ketua dan secara korum dalam pengambilan keputusan tentu dinyatakan sah,” ucapnya. (Engel Wally)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Fraksi PDIP di Jayapura Bakal Mogok Selama Sebulan