Warga Eks PNG Pencari Besi Tua, Penghasilan Sehari Rp 20.000

share on:
pemulung
Gregorius Sebepmen sedang kempeskan botol-botol. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Gregori Sebepmin, warga Eks Papua Nugini (PNG) yang sudah 25 tahun meninggalkan negara asalnya dan masuk dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mengikuti isterinya, Elisabeth yang adalah orang Marind.

Sejak mengikuti isterinya puluhan tahun silam, pria yang telah dikaruniai enam orang anak itu, hanya menyandarkan kehidupan dengan mencari besi tua, kaleng bekas maupun botol pastik baik di pinggir jalan maupun di tempat pembuangan sampah.

Saat ditemui Jubi di Jalan Gak, Kelurahan Bampel, Senin (21/9/2015), Gregori menuturkan, sudah lama dirinya menggeluti pekerjaan sebagai pencari barang bekas. Meskipun pendapatan yang diperoleh sangat minim, namun tidak menyurutkan semangat tetap bekerja sebagaimana biasa.

Dalam sehari, lanjut Gregori, pendapatan yang diperoleh paling tinggi sekitar Rp 20.000. “Itupun kalau saya kuat berjalan kaki keliling Kota Merauke mencari barang bekas. Tetapi kalau tidak, hanya saya dapat Rp 15.000,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, harga kaleng bekas sekarang Rp 7.000/kg. Sedangkan besi maupun botol –botol, hanya Rp 1.000/kg. “Ya, mau bagaimana lagi. Karena menjadi sandaran hidup keluarga. Kalau saya tidak jalan mencari, kami tak bisa membeli beras maupun minyak tanah,” ujarnya.

Diakui jika pendapatan yang didapatkan itu, sangatlah minim dan tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup setiap hari. Prinsipnya, cari ini hari dan beli beras satu atau dua kilo dengan sayur. Besok baru dilanjutkan lagi. Itulah pekerjaan rutin sehari-hari.

Elisabeth, isteri dari Gregori menambahkan, ia sangat memahami akan pekerjaan yang sedang dilakukan sang suami. “Memang pendapatan seperti begini dan tetap kami syukuri. Biar sedikit yang penting bisa beli beras dan sayur untuk bisa makan bersama anak-anak,” tuturnya. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Warga Eks PNG Pencari Besi Tua, Penghasilan Sehari Rp 20.000