Pelaksanaan NPTS, Pelni Jayapura Tunggu Putusan Penerapannya

share on:
Kapal Pelni-Jubi/Wikipedia.org
Kapal Pelni-Jubi/Wikipedia.org

Jayapura, Jubi – Kepala Cabang PT Pelayaran Indonesia (Pelni), Budi T, mengakui penerapan New Pelni Ticketing System (NPTS) di Jayapura, masih menunggu keputusan dari pusat dan kesiapan alat serta sistem penerapannya di daerah.

“Kita sebagai eksekutor di lapangan belum mendapatkan mandat melaksanakan penerapan NPTS. Sementara kantor pusat merancang model dan perangkat kerjasama agar sistem ini tetap running supaya ada keamanan dan kenyamanan masyarakat itu,” kata Budi kepada Jubi, Senin (21/9/2015).

Karena masih dalam perancangan, akan dilakukan sosialisasi kepada khalayak umum melalui berbagai saluran media.

“Kalau sudah diterapkan pasti ada mekanisme supaya itu jalan, seperti sistem online bisa beli dari bank, tidak perlu ke loket Pelni,” katanya.

Budi juga menegaskan rancang bangun NPTS tidak akan terburu-buru dalam melakukan perubahan, harus memberikan pengaruh baik bagi pengguna jasa.

Sebelumnya dikutip dari JPNN.com, PT Pelni bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan layanan New Pelni Ticketing System (NPTS). Ini merupakan layanan e-ticketing milik Pelni yang memudahkan masyarakat untuk memesan tiket melalui laman www.tiket.pelni.co.id.

“NPTS merupakan tindak-lanjut dari penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pelni dengan BRI tentang pelayanan penerimaan pembayaran biaya tiket kapal penumpang dan pengisian deposit transaksi agen penjualan tiket kapal penumpang,” kata Corporate Secretary BRI, Budi Satria, di Jakarta, Jumat (28/8).

Melalui peluncuran layanan NPTS, sambung Budi, masyarakat bisa memanfaatkan layanan e-channel BRI yang tersebar luas di Indonesia. Untuk melakukan pembayaran tiket, masyarakat cukup mengakses www.tiket.pelni.co.id dan memilih tanggal, rute transportasi, kelas penumpang, dan biodata yang sesuai.

Setelah mendapatkan kode pemesanan, masyarakat bisa melakukan pembayaran melalui 21.215 ATM BRI. Masyarakat juga bisa membayar secara langsung ke teller di unit kerja BRI terdekat.

Peluncuran layanan NPTS adalah bentuk dukungan BRI terhadap pengembangan program tol laut. (Sindung Sukoco)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pelaksanaan NPTS, Pelni Jayapura Tunggu Putusan Penerapannya