Ibadah Kurban Hendaknya Memperdalam Rasa Solidaritas

share on:

Wamena, Jubi – Pelaksanaan ibadah Sholat Idul Adha 1436 Hijriah di Kabupaten Jayawijaya, Kamis (24/9/2015) di sembilan tempat yang dipersiapkan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Jayawijaya berjalan lancar.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Jayawijaya menyiapkan hewan kurban sebanyak 56 ekor sapi dan 21 ekor kambing, di mana penyaluran daging kurban dilakukan di beberapa tempat, seperti Walesi Atas, Walesi Bawah, Megapura dan pondok pasantren Walesi.

Ibadah sholat Idul Adha 1436 H juga diimami oleh Ustd Achmad Nur selaku imam Masjid Baiturahman Wamena dan Khatib Ustd H. Anwar Rahakbauw.

Dalam ceramahnya Ustd H. Anwar Rahakbauw menjelaskan, ibadah kurban hendaknya memperdalam solidaritas kaum Muslim terhadap saudara-saudara yang dirasakan kurang mampu.

“Ibadah kurban bukan hanya soal mengkonsumsi daging semata, tetapi lebih pada hikmahnya di mana bagi setiap Muslim dapat berbagi secara ikhlas kepada sesama Muslim yang kurang beruntung. Dan semua itu hendaknya dapat tertanam di setiap benak umat Islam di seluruh dunia, khususnya di Jayawijaya,” katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Jayawijaya, Iswardi mengatakan bahwa dalam rangkaian kegiatan menyambut hari raya Idul Adha 1436 H juga dilakukan bakti sosial, yaitu khitanan masal bagi anak-anak dan tidak dipungut biaya.

Untuk para penyumbang hewan kurban sendiri, ada pemberian dari Gubernur dan Wakil Gubernur Papua sebanyak dua ekor sapi, mantan Kapolda Papua yang kini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian serta dari pengurus, pribadi dan lembaga lainnya. (Islami)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ibadah Kurban Hendaknya Memperdalam Rasa Solidaritas