Pemprov Sedang Cari Trase Untuk Atasi Distribusi Logistik

share on:
Kepala Dinas Perhubungan Papua, Yusuf Yambe Yabdi Saat Berbicang Dengan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal - Jubi/Alex
Kepala Dinas Perhubungan Papua, Yusuf Yambe Yabdi Saat Berbicang Dengan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua saat ini sedang mencari jalur (trase) kereta api yang tepat untuk menjadi solusi dari maslah distribusi logistik di kawasan pegungungan.

“Saat ini kami sedang mencari jalur yang pas atau cocok untuk atasi kemahalan harga di wilayah pegunungan,” kata Kepada Dinas Perhubungan Papua, Yusuf Yambe Yabdi, di Jayapura, Jumat (25/9/2015).

Untuk pembangunan jalur, jelas Yusuf anggaran bersumber dai APBD dan APBN, dimana dana yang asalnya dari APBD untuk kereta dalam kota dan pegunungan yang visibility studinya dikerjakan oleh Badan Percepatan Pembangun yang sudah hampir rampung pemilihan trasenya.

Yusuf mengungkapkan, selain menggunakan dana APBD, pembangunan rel kereta api juga dilakukan melalui sumber dana APBN, yaitu untuk jalur Jayapura – Sarmi.

“Kereta Api kemarin rapat terakhir dengan menteri, yang nanti kami tindak lanjuti untuk penyelesaian DED Jayapura – Sarmi,” katanya.

Menurut Yusuf, pemerintah provinsi berkeinginan agar peresmian rel kereta api Jayapura – Sarmi bisa segera dilakukan sebelum masa tugas Presiden Joko Widodo berakhir.

“Yang jelas, di akhir kepemimpinan presiden, satu trase kereta api di Papua sudah diresmikan, yaitu 2019 kita kejar presiden resmikan,” ucapnya.

Secara terpisah, Benyamin Asso, warga asal Jayawijaya berharap pembangunan jalur kereta api yang kabarnya bakal ada di wilayah pegunungan bisa cepat direalisasikan, agar kemahalan harga yang selama ini terjadi bisa teratasi.

“Kami harap ini bisa segera diwujudkan, sehingga distribusi barang ke wilayah pegunungan bisa teratasi dengan harga yang lebih murah,” kata Benyamin. (Alexander Loen)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Sedang Cari Trase Untuk Atasi Distribusi Logistik