Seharusnya Olahraga Papua Jaya di Era Otsus

share on:
Gubernur Papua, Lukas Enembe - Dok Jubi
Gubernur Papua, Lukas Enembe – Dok Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan seharusnya olahraga Papua berjaya di era Otonomi Khusus (Otsus) karena dana yang digelontorkan pemerintah Pusat sangat besar untuk tanah ini.

“Sebelum ada Otsus prestasi olahraga Papua sangat membanggakan dan menggembirakan, tetapi ketika Otsus diberikan dan begitu banyak dana yang digelontorkan oleh Pusat bagi Papua, dulu berkisar lima besar sekarang terpuruk sampai urutan 15,” kata Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (25/9/2015).

Melihat hal itu, ujar Enembe, seharusnya semua yang mengurus olahraga di Tanah Papua mulai dari KONI sampai cabang olahraga berbenah diri untuk kembalikan kejayaan Papua di dunia olahraga.

“Target saya Papua tuan PON XX yang baik. Dan PON 2016 harus menunjukkan prestasi yang gemilang, sehingga pusat tidak meragukan dan memberikan dukungan penuh untuk Papua sebagai tuan rumah PON 2020,” katanya.

Menanggapi itu, Enembe meminta kepada seluruh cabang olahraga untuk segera melakukan pembenahan dan persiapan dalam rangka menuju PON XX nanti.

“Harapan dan tekad serta keinginan ini sedang di dorong oleh seluruh stakeholder pembangunan di tanah ini, dan semua yang saya sedang kerjakan masih dalam koridor dengan semangat Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera,” ucapnya.

Enembe yakini, aktivitas olahraga yang dilaksanakan secara terencana tidak hanya akan membentuk fisik, intelektual, moral, semangat kerja dan dedikasi secara individu, melainkan juga memperbaiki kualitas kehidupan pelakunya sebagai anggota kelompok yang ada dalam masyarakat.

Selain itu, nilai nilai yang terkandung dalam olahraga juga mempunyai kontribusi bermakna terhadap pembangunan watak, semangat juang dan prestasi yang tinggi, sehingga dapat dijadikan modal berharga dalam rangka persaingan dengan provinsi lain secara nasional dan persaingan di forum internasional.

“Mari kita sama-sama menata kembali olahraga di Papua,” kata Enembe. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Seharusnya Olahraga Papua Jaya di Era Otsus