Disdik Kota Jayapura akan Tahan Gaji Guru Mangkir

share on:
seleksi pemilihan guru berprestasi tingkat Kota Jayapura-Jubi/Sindung
seleksi pemilihan guru berprestasi tingkat Kota Jayapura-Jubi/Sindung

 

Jayapura, Jubi – Meski tidak menyebut jumlah pasti oknum guru yang mangkir mengajar di jajarannya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa menegaskan akan menahan gaji para oknum guru tersebut.

Kita akan tahan gaji guru yang masih mangkir dalam tugasnya mengajar,” ujarnya kepada Jubi melalui telepon selularnya, Minggu (27/9/2015).


Menurutnya telah banyak perubahan terkait dengan banyaknya guru mangkir tersebut, pasalnya pihaknya juga akan memanggil dan melakukan
crosscheck kepada sekolah, dan bersangkutan atas alasan yang ada.

Kami juga telah memanggil beberapa guru yang mangkir, jika mengindahkan panggilan kami kami akan tahan gajinya,” tegas Wayan.

Dikutip dari Kompas.com, berdasarkan data Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership tahun 2014, tingkat kemangkiran guru SD di daerah terpencil mencapai 20 persen. Jumlah itu dua kali lipat lebih banyak dibandingkan tingkat kemangkiran nasional, yakni 9,4 persen.

Adapun menurut data SMERU Research Institute, sebanyak 31,5 persen guru yang mangkir adalah penerima tunjangan khusus. “Selama ini, pemberian tunjangan guru belum dikaitkan dengan kinerja. Guru masih menerima tunjangan meskipun jarang mengajar,” kata Bambang Widianto selaku Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan sekaligus Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Padahal, pemerintah telah mengalokasikan 50 persen dana pendidikan untuk gaji dan tunjangan guru. Tahun 2015, pemerintah menyediakan dana Rp 1,1 triliun yang ditransfer ke daerah sebagai tunjangan tambahan guru PNS dan Rp 9 triliun untuk tunjangan khusus dan fungsional.

Kinerja guru yang buruk itu, kata Bambang, berdampak pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung siswa. “Sebanyak 60 persen siswa kelas I SD di daerah terpencil yang kami survei masih buta huruf,” katanya. (Sindung Sukoco)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disdik Kota Jayapura akan Tahan Gaji Guru Mangkir