Menteri: Jumlah Calon Haji Yang Wafat Di Mina Jadi 769

share on:

Riyadh, Jubi/Antara/Xinhua – Jumlah korban jiwa dalam desak-desakan pada Kamis (24/9) di Mina, yang berdekatan dengan Kota Suci Makkah, telah naik jadi 769, kata Menteri Kesehatan Arab Saudi Khalid Al-Falih pada Sabtu (26/9/2015).

Setakat ini, bencana mematikan itu telah menewaskan 769 calon haji dan melukai 934 orang lagi, kata menteri tersebut dalam satu taklimat.

Peristiwa itu terjadi di tengah sangat banyak calon haji melaksanakan jumrah, salah satu rukun Haji. Calon haji melaksanakan jumrah, melempar batu ke tiang batu yang melambangkan setan.

Peristiwa tersebut telah memicu kecaman pedas terhadap cara Pemerintah Arab Saudi “menangani keselamatan jamaah”, terutama dari Iran.

Pada Sabtu pagi, media resmi Arab Saudi melaporkan pemimpin agama tertinggi di negeri itu mengatakan peristiwa desak-desakan tersebut berada di luar kuasa manusia.

“Anda tidak bertanggung-jawab atas apa yang terjadi. Untuk semua yang berada di luar kendali manusia, anda tak bersalah. Takdir dan nasib tak terelakkan,” kata Sheik Abdul Aziz Ash-Sheikh kepada Putra Mahkota Mohammed bin Nayef –yang juga adalah Menteri Dalam Negeri, kata laporan tersebut.

Itu adalah kecelakaan besar kedua yang melibatkan banyak korban jiwa pada bulan ini di Arab Saudi. Pada awal September, 111 calon haji wagat dan 331 orang lagi cedera dalam peristiwa jatuhnya crane di Masjidil Haram di Makkah. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Menteri: Jumlah Calon Haji Yang Wafat Di Mina Jadi 769