Jalan Raya Abepura Sering Macet, Sopir Taksi Mengeluh

share on:
Situasi macet di Kampus Uncen Bawah, Abepura, Senin (28/09) - Jubi/Abeth You
Situasi macet di Kampus Uncen Bawah, Abepura, Senin (28/09) – Jubi/Abeth You Polantas,

Jayapura, Jubi –  Sopir taksi (angkutan kota) jurusan Abepura-Waena mengeluhkan kondisi jalan raya Abepura yang belakangan sering macet.

Pasalnya bahwa kemacetan disebabkan karena volume kendaraan pribadi yang makin banyak, bahkan sehari bisa macet hingga sepanjang 500 meter.

Di depan kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) Abepura, misalnya. Senin siang, 28 September 2015, sekitar pukul 12.00 WIT jalan itu macet sampai di sekitar kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) di Padangbulan. Sementara di sekitar jalan tersebut tak ditemui polisi lalu lintas yang bertugas.

 

“Memang setiap hari begitu. Macam tidak ada Polantas yang mengatur kendaraan ini,”  kata Anugrah, sopir taksi jurusan Abe-Waena, ketika ditemui Jubi di Abepura, Senin siang.

Menurut Anugrah, apalagi hari Senin adalah hari masuk kantor sehingga kendaraan cukup banyak. “Ini kan kuliah juga sudah aktif, juga hari kantor jadi kendaraan ramai,” tuturnya.

Sebenarnya yang menjadi faktor terjadinya kemacetan ini adalah jumlah kendaraan pribadi yang melintas di jalan terlalu banyak.

Hengky, mahasiswa Uncen Jayapura mengatakan, memang tidak dapat dipungkiri lagi, hampir setiap orang sekarang memiliki satu kendaraan pribadi yang cukup.

“Ini yang menjadi tugas bagi Pemerintah Kota Jayapura, bersama Polantas di Polsek Abepura. Karena tidak adanya pembatasan jumlah kepemilikan kendaraan pribadi, sehingga kemacetan terjadi di mana-mana,” ujar Hengky.

Kemacetan tidak hanya terjadi di Abepura dan Padangbulan, tetapi juga di sekitar Denzipur, Waena, distrik Heram. Kendaraan kerap macet hingga sekitar lampu merah Waena dari sekitar kawasan terminal Ekspo dan Perumnas II, kampus Uncen Atas. (Abeth You)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jalan Raya Abepura Sering Macet, Sopir Taksi Mengeluh