Kompetisi SSB se Kota Jayapura, Bisa Lahirkan Pemain Berbakat

share on:

Jayapura, Jubi- Pertama kali membuka Sekolah Sepakbola (SSB) Emsyik 2003, banyak pihak meragukan pendirian dan perkembangannya. Bahkan dengan sinis mereka berkata, untuk apa bangun sekolah sebab tanpa berlatih sudah banyak bakat alam yang tumbuh berkembang di Tanah Papua.

 

Hal ini dikatakan Benny Pepuho, Direktur Akademi Sepakbola Emsyik-Papua jelang Ulang Tahun ke 12 tahun pada 17 Oktober mendatang kepada Jubi, Senin(28/9.2015) di Jayapura.

“Buktinya sampai saat ini banyak bertumbuh SSB di Tanah Papua khususnya di Kota Jayapura sudah mencapai 40 SSB,”katanya seraya menambahkan sepak bola bakat alam sudah saatnya digabung dengan sekolah sepak bola.

Hanya saja Pepuho mengakui kalau kompteisi teratur, seperti di Eropah perlu diterapkan di Tanah Papua, khususnya Kota Jayapura. “ Bayangkan kalau ada kompetisi teratur antar SSB di Kota Jayapura, saya yakin 20 tahun ke depan akan memberikan daya ledak yang luar biasa,”katanya. Lebih lanjut kata Pepuho, idealnya di Kota Jayapura harus ada 10 SSB yang berkompetisi secara teratur dan setiap klub harus mempunyai panitia pelaksana pertandingan dan akan bertanding tandang, serta kandang. “Seperti Liga Super Indonesia ada pertandingan kandang dan tandang,”katanya.

Hal senada juga dikatakan Crist Leo Yarangga pelatih SSB Nafri, kompetisi antar SSB se Kota Jayapura penting untuk mengasah mental bertanding anak-anak. “Kita selalu melatih mereka tetapi sangat jarang ada kompetisi antar SSB di Jayapura,”kata mantan asisten pelatih Persipura ini kepada Jubi saat ujicoba Tim PON Papua di Lapangan Mandala, Sabtu(26/9/2015).

Pelatih SSB Cenderawasih FC Agus Pigay mengatakan kompetisi antar SSB di Kota Jayapura hanya Festival Danone Sepakbola anak-anak dan Festival Sepakbola Timo Kapisa Cup. Seandainya kompetisi antar SSB se Kota Jayapura digelar,kata dia akan memberikan manfaat besar bagi anak-anak untuk mematangkan mental bertanding.

Catatan Jubi, pemain-pemain sepak bola jebolan SSB saat ini Nelson Alom, Terens Owang Puhiri dan Mozes Banggo, Beroperay dan lain-lain. Terens Owang Puhiri pertama kali bermain memperkuat SSB Numbay Star sejak 2007.

Puhiri saat ini memperkuat Pusamania Borneo FC, posisi pada wing kiri sebagai salah satu striker dan dalam Piala Presiden mencetak dua gol. (Dominggus Mampioper)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kompetisi SSB se Kota Jayapura, Bisa Lahirkan Pemain Berbakat