Legislator Papua Ingatkan Pemkot Jayapura Aktifkan Siskamling

share on:
Anggota DPR Papua, H. Syamsunar Rasyid - Jubi/Doc
Anggota DPR Papua, H. Syamsunar Rasyid – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Maraknya Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor), peredaran Narkotika dan Obat Terlarang (Narkoba), serta kriminalitas lain di wilayah Kota Jayapura belakang ini, ditanggapi legislator Papua dari Daerah Pemilihan Kota Jayapura dan sekitarnya, H. Syamsunar Rasyid.

Anggota Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Keamanan, Politik, Hukum dan HAM itu mengingatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, mengangkifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di wilayah pemukiman warga.

“Di sinilah dibutuhkan keseriusan aparat kepolisian dan Pemkot Jayapura. Namun keamanan di lingkungan bukan hanya tanggungjawab kepolisian dan pemerintah, tapi juga warga. Untuk itu Pemkot perlu mengaktifkan kembali Siskamling. Ini demi keamanan dan kenyamanan masyarakat,” kata Syamsunar Rasyid, Selasa (29/9/2015).

Menurutnya, dengan diaktifkannya Siskamling, bisa meminimalisir angka kriminal di lingkungan masyarakat. Selain itu, dengan sistem tersebut, masyarakat juga punya tanggungjawab dan berperan menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah pemukiman mereka.

“Selain itu, pembangunan Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling), jangan hanya di wilayah tertentu, yang dianggap rawan. Kalau bisa dibangun di setiap lingkungan pemukiman warga di Kota Jayapura,” ucapnya.

Katanya, Wali Kota Jayapura, Benhur Tommi Mano sudah berhasil memberantas Miras di wilayah pemerintahannya. Kini tantangan yang dihadapi adalah bagaimana Pemkot setempat menekan angka kriminalitas.

“Saya mengapresiasi upaya Wali Kota Jayapura memberantas Miras dan orang mabuk. Bisa dikata, sudah berhasil. Kini yang jadi pekerjaan rumah Pemkot Jayapura adalah menekan angka kriminal,” katanya.

Pada suatu kesempatan, salah satu warga Kota Jayapura, Sodik mengatakan, pencurian tak akan selesai dengan diberlakukannya Siskamling. Namun harus ada tim khusus dari kepolisian yang bekerjasama dengan masyarakat.

“Apalagi masalah pencurian bermotor yang marak belakang ini. Kalau perlu tim intel yang banyak disebar di masyarakat untuk mengawasi pergerakan maling,” kata Sodik kala itu. (Arjuna Pademme)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Legislator Papua Ingatkan Pemkot Jayapura Aktifkan Siskamling