Persoalan Agraria di Freeport Berkembang ke Ranah Sosial

share on:
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen - Jubi/Alex
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mengatakan persoalan agraria di PT. Freeport Indonesia sudah berkembang ke ranah sosial, politik dan kebelangsungan hidup dari usaha pertambangan itu sendiri.

Dimana perkembangan masalah agraria yang terjadi di Freeport Indonesia akhir-akhir ini tidak hanya sebatas pada pertentangan atau perselisihan antara beberapa pihak terkait penguasaan tanah atau sumber daya alam yang menyertainya.

“Salah satu masalah agraria yang tergolong strategis terjadi di Papua adalah perkembangan masalah agraria yang terjadi di Freeport Indonesia,” kata Hery Dosinaen, di Jayapura, Senin (28/9/2015).

Menghadapi situasi ini, ujar Hery, Kementerian ATR/BPN dalam hal ini Kantor wilayah BPN Provinsi Papua segera mengambil langkah-langkah strategis dan secara konkrit untuk mencegah dan menangani masalah agraria, pemanfaatan ruang dan tanah.

“Hal ini dilakukan karena masalah tersebut terkait lintas sektor dan pemangku kepentingan,” ucapnya.

Hery katakan, pencegahan dan penanganan masalah agraria secara profesional dan terpadu bersama pemerintah daerah merupakan agenda penting Kementerian ATR/BPN, Kanwil BPN Papua agar persoalan sengketa dan konflik tanah/pertanahan di Papua tidak berpotensi menimbulkan konflik horisontal.

“Sebab sengketa dan konflik yang terjadi merupakan faktor penghambat dalam mewujudkan percepatan pembangunan di Papua,” kata Hery.

Menanggapi itu, Hery meminta kepada seluruh stakeholder yang terkait dengan percepatan pembangunan di Papua dalam menghadapi sengketa dan konflik pertanahan harus taat asas dan mengacu pada peraturan dari Kementerian ATR/BPN. Karena, urusan pertanahan dan tata ruang menjadi urusan negara.

“Salah satu hal krusial di Papua adalah penyelesaian masalah tanah. Untuk itu, guna menghindari konflik pertanahan di Papua, hendaknya dilakukan secara arif dan bijaksana serta mengedepankan pendekatan transparansi,” katanya lagi. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Persoalan Agraria di Freeport Berkembang ke Ranah Sosial