Samoa Dibawah Ancaman Kekeringan

share on:

Jayapura, Jubi – Samoa sedang diperingatkan akan kemungkinan dilanda kekeringan, dan diprediksi akan berlangsung hingga tahun depan.

Asisten CEO Metservice, Mulipola Ausetalia Titimaea, mengatakan bagian utara dan tengah dari dua pulau utama di Samoa telah mengalami kekeringan. Wilayah tersebut dilaporkan hanya mendapat curah hujan 40 persen di bawah rata-rata, sejak Juni 2015.

Mulipola mengatakan, dampak dari kondisi ini yang membuat setiap rumah penduduk harus menerima penjatahan air. Pengairan atau jatah air terpaksa dialiri secara bergiliran untuk beberapa daerah di sekitar Apia, ibukota Samoa.

Berbeda dengan wilayah utara dan tengah Samoa. Untuk masyarakat di bagian selatan negara itu dinyatakan terhindar dari dampak kekeringan.

“Tidak semua desa dan kecamatan terkena dampak kekeringan. Melalui utara dan stasiun pusat sekitar 60 persen yang dicatat nolar stasiun kami merekam bahwa kekeringan ini akan kita lalui,” kata Titimaea, mengutip laporan Radio New Zealand, Selasa (29/9/2015).

Mulipola mengatakan, dirinya berharap awal musim hujan pada bulan November nanti bisa meredakan kekhawatiran yang melanda negaranya, tetapi prediksi dari sistem El Nino yang menyebutkan bahwa kekeringan yang memakan waktu lebih panjang ini tidak akan membantu.

Sebuah keterangan meterorologi tentang kekeringan menyatakan kekeringan tahun ini merupakan kekeringan terparah pertama dari empat tingkat kekeringan lainnya. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Samoa Dibawah Ancaman Kekeringan