Jadi Tersangka Korupsi, Mantan Bupati Biak Pindah Lapas

share on:
Mantan Bupati Biak, Yesaya Sombuk (tengah) Ketika Tiba di Lapas Klass IIA Abepura – Jubi/Doc Kejati Papua
Mantan Bupati Biak, Yesaya Sombuk (tengah) Ketika Tiba di Lapas Klass IIA Abepura – Jubi/Doc Kejati Papua

Jayapura, Jubi – Penahanan terpidana mantan Bupati Biak, Yesaya Sombuk, yang didakwa menerima suap, dan tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di salah satu hotel di Jakarta tahun lalu dan divoni 4,5 tahun penjara, dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung, Jawa Barat ke Lapas Klass IIA Abepura, Jayapura, Papua, Selasa (29/9/2015) sekira pukul 08:00 WIT.

Assiten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua, Mamik Suligiono mengatakan, pemindahan permanen yang bersangkutan, untuk memudahkan proses penyidik yang kini dilakukan Kejati setempat. Yesaya Sombuk kini jadi tersangka dugaan  korupsi rehabilitasi sejumlah gedung sekolah di Kabupaten Supiori, 2012 lalu, ketika yang bersangkutan menjabat Kepala Dinas Pendidikan Supiori. Sumber dana adalah bantuan Pemerintah Pusat.

“Pemindahan penahanannya sudah sudah mendapat persetujuan dari Dirjen Lembaga Pemasyarakatan. Alasan kami mengajukan pemindahan penahanan, untuk memudahkan proses persidangan nantinya. Nanti setelah sidang tak perlu lagi dibawa kembali ke Lapas Sukamiskin. Dugaan kerugian negara dalam kasus itu Rp. 4,3 miliar lebih,” kata Mamik kepada wartawan, Selasa (29/9/2015).

Menurutnya, Yesaya tiba di Lapas Klass IIA Jayapura, dikawal 10 personil gabungan Kejati Papua, petugas Lapas Sukamiskin, dan KPK. Penyidik Kejati Papua berencana melimpahkan berkas dugaan korupsi yang bersangkutan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Biak, Selasa (29/9/2015).

“Kejaksaan Biak tak melakukan penahanan karena dia sudah menjalani vonis kasus tangkap tangan. Tak perlu lagi dia ditahan,” ucapnya.

Pemindahan penahanan Yesaya Sombuk dibenarkan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua, Herman da Silva. Katanya, pemindahakn itu lantaran yang bersangkutan kini jadi tersangka dugaan korupsi dan kasusnya akan segera diajukan ke Pengadilan Tipikor Jayapura untuk disidangkan.

“Ya penahanan Yesaya Sombuk sudah dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Klass IIA Abepura, Kota Jayapura. Kasusnya yang ditangani Kejati Papua kini tinggal dilimpahkan ke Kejari Biak untuk disidangkan di Pengadilan Tipikor Jayapura,” kata Herman. (Arjuna Pademme)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jadi Tersangka Korupsi, Mantan Bupati Biak Pindah Lapas