Pemprov Terus Dorong Penguatan Ekonomi Kampung

share on:
Gubernur Papua, Lukas Enembe - Jubi/Alex
Gubernur Papua, Lukas Enembe – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui dinas terkait terus mendorong penguatan ekonomi berbasis kampung berdasarkan keunggulan masing-masing wilayah dan kampung.

“Penguatan tersebut selanjutnya akan mendorong peningkatan pendapatan masyarakat serta kapasitas fiskal daerah yang bersumber dari potensi-potensi Papua selain tambang,” kata Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura, Rabu (30/9/2015).

Disamping itu, ujar Enembe, koperasi dan UMKM di seluruh Papua juga harus mampu melihat peluang dan memiliki aksesibilitas usaha yang dapat dipercaya, akuntabel sehingga hasilnya dapat dinikmati sendiri maupun produknya dapat diekspor ke berbagai belahan dunia.

Hal ini perlu dilakukan karena Provinsi Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mendapatkan pelimpahan kewenangan khusus berupa Otonomi Khusus, untuk mengatur dan mengelola pemerintahan secara khusus dalam melaksanakan percepatan pembangunan.

“Percepatan ini untuk mengejar ketertinggalan dalam hal ekonomi lokal seperti pelaku ekonomi mikro kecil di sektor pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata, jasa dan sektor lainnya yang masih perlu untuk dikembangkan,” ucapnya.

Menurut Enembe, untuk pengembangan dibutuhkan sinergitas program dan kegiatan antara pemerintah pusat dan Pemprov Papua melalui pendekatan kultural, adat, agama, budaya dalam mengembangkan potensi yang ada.

“Kami berupaya dengan kemampuan yang ada untuk membidik satu lokus strategis fokus pembangunan untuk memastikan sehingga dapat memberikan hasil terukur dalam waktu relatif singkat serta langsung bisa dirasakan oleh rakyat,” kata Enembe.

Enembe katakan, lokus strategis tersebut merupakan kepentingan kultur Papua yang memberikan harapan dalam menata masa depan lebih jelas, pasti dan terjamin kelanjutannya.

“Lokus tersebut berdiri pada tingkat program yang fokus pada upaya pemenuhan hak dasar orang asli Papua untuk memperoleh pendidikan sembilan tahun serta perbaikan kualitas generasi baru penerus Papua,” katanya lagi. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Terus Dorong Penguatan Ekonomi Kampung