El Nino Pasifik, UNICEF Serukan Perluanya Alokasi Biaya Jangka Panjang

share on:

Jayapura, Jubi – United Nations Children’s Fund atau Badan PBB untuk anak-anak, UNICEF, mengatakan pemerintah perlu menganalisis biaya terkait dampak sistem cuaca El Nino di Pasifik untuk menghindari konsekuensi bencana kekeringan jangka panjang.

El Nino telah menyebabkan kekeringan parah yang melanda banyak wilayah di kawasan Pasifik, termasuk Vanuatu yang masih belum pulih dari hantaman Topan Pam, tujuh bulan lalu.

Perwakilan UNICEF di Pasifik, Karen Allen, mengatakan anak-anak yang terkena dampak kekeringan ini menunjukkan tanda-tanda gizi buruk dan diare yang dapat menyebabkan masalah besar terhadap perkembangannya di masa depan.

Dr Allen mengatakan, meskipun pemerintah telah mengatakan tidak ada kebutuhan untuk massa, namun disana ada kebutuhan mendesak untuk melihat potensi biaya dari sistem cuaca ini.

“Untuk melihat apa yang tersedia akan melalui jarak seberapa jauh, jadi saat ini tidak ada permintaan untuk dana. Banyak pemerintah telah menyisihkan dana, beberapa lembaga yang punya uang masih belum sepenuhnya dikeluarkan dari Topan Pam misalnya, tetapi prediksi saya adalah, itu tidak akan cukup untuk kami melalui El Nino hingga berakhir,” kata Dr Allen, mengutip laporan Radio New Zealand, Kamis (1/10/2015). (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  El Nino Pasifik, UNICEF Serukan Perluanya Alokasi Biaya Jangka Panjang