Dishub Biak Target Sumbangkan PAD Parkir Rp 300 Juta

share on:

Sekretaris Dinas Perhubungan Biak Numfor, Ottow P.M. WanggaiBiak, Jubi – Dinas Perhubungan Kabupaten Biak Numfor, Papua menargetkan akan mendapatkant pendapatan asli daerah (PAD) dari jasa parkiran senilai Rp 300 juta pada 2015.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Biak Numfor, Papua Yunius L. Rumere kepada Jubi di Biak, Jumat (2/10/2015) mengatakan, pihaknya dapat memenuhi target yang diberikan, jika semua masyarakat Biak memiliki kesadaran membayar parkir kepada petugas.

“untuk itu kepada seluruh wajib retribusi parkiran yang ada di Kota Biak, sayameminta untuk membayar jasa parkiran kepada petugas yang tugaskan memungut jasa parkir,” katanya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Biak Numfor, Papua Ottow P.M. Wanggai mengatakan, untuk mengejar target itu pihaknya menurunkan 30 orang petugas yang ditempatkan di ruas jalan yang arus lalu lintasnya cukup ramai, seperti di Jalan Imam Bonjol,  Selat makasar, Ahmat Yani dan Jenderal Sudirman.

“Kita akan tambah petugas lagi untuk depan kantor bupati, rumah sakit dan depan SMAN 1, tapi itu nanti,” kata Wanggai.

Jumlah karcis yang terbayar setiap harinya kata Wanggai bisa mencapai 100 lebih karcis lebih. “Tapi tidak semua waktu sama, antara waktu pagi, siang dan malam, lebih ramai malam, jadi pendapat lebih meningkat di malam hari,” ujar Wanggai

Semua petugas yang diterjunkan kata Wanggai dilengkapi dengan seragam dan karcis parkir. Jadi bila ada oknum tukang parkir yang memungut tanpa menggunakan seragam, yang bersangkutan adalah juru parkir liar.

“Besar nilai jasa parkiran kendaraan sesuai Perda Nomor 6 tahun 2014 tentang parkiran. Untuk kendaraan roda dua Rp1000, kendaraan roda empat Rp 2.000 dan kendaraan roda enam Rp 3.000,” jelas Wanggai

Mengenai penerapan / pelaksanaan Perda Nomor 6 Tahun 2014 kata Wanggai baru diterapkan bulan Agustus 2015. “Perda yang sebenarnya sudah ada sejak Januari 2015 lalu, namun berlaku pada Agustus 2015,” ujarnya. (Marten Boseren)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dishub Biak Target Sumbangkan PAD Parkir Rp 300 Juta