Lantamal VII Gelar Lomba Renang di Laut

share on:

Kupang, Jubi/Antara – Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang, Sabtu (3/10), akan menggelar perlombaan renang di pesisir laut Kupang sebagai bagian dari melestarikan wisata laut di Ibu Kota Provinsi NTT tersebut.

“Kami akan mengelar perlombaan renang di laut yang melibatkan masyarakat di seluruh provinsi Indonesia,” kata Kepala Dinas Potensi Maritim Lntamal VII Kupang, Letkol Marinir Yosafat R. Hariadi,di Kupang, Kamis (1/10/2015).

Lomba akan dibagi dalam dua kategori, yakni kategori putra dan putri, yang masing-masing mempunyai jarak tempuh berbeda.

Jarak tempuh lomba kategori putra sejauh 2.000 meter dan putri 1.500 meter.

“Lokasi perlombaannya di pelabuhan rakyat, Kelurahan Namosain, Kota Kupang. Lokasi ini strategis sekaligus kami bisa sosialisasi bagaimana melestarikan lingkungan laut,” katanya.

Sampai saat ini sudah mendaftar 50 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Salah satunya dari Australia, yang sedang berlayar di Kupang.

Perlombaan renang tersebut selain mengajarkan masyarakat untuk cinta lingkungan laut, juga ingin mencari atlet-tlet renang muda dari NTT.

“Kalau ada yang berpotensi menjadi atlet, kami akan latih dan biayai proses latihannya sehingga ke depannya bisa menjadi atlet renang NTT yang sukses,” katanya.

Yosafat menjelaskan juara satu akan mendapat hadiah uang tunai Rp 8 juta, juara dua dan tiga masing-masing Rp 6 juta.

“Semua peserta lomba akan mendapatkan sertifikat,” ucapnya.

Dalam menyelenggarakan kegiatan ini, Lantamal VII Kupang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata NTTT.

Dengan kegiatan tersebut dia berharap kecintaan masyarakat akan laut terus terjaga.

“Ada kemungkinan jika berjalan dengan baik, akan digelar setiap tahun,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Lantamal VII Gelar Lomba Renang di Laut