Derby Maluku Batal, Maluku Kembali Walk Out

share on:
Tim Maluku Utara yang dinyatakan menang WO karena ketidakhadiran tim Maluku dalam pertandingan di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/10/2015) – Jubi /Munir
Tim Maluku Utara yang dinyatakan menang WO karena ketidakhadiran tim Maluku dalam pertandingan di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/10/2015) – Jubi /Munir

Jayapura, Jubi – Tim Maluku lebih memilih walk out (WO) pada lanjutan babak kualifikasi pra Pekan Olahraga Nasional (PON) wilayah VI zona Papua dan Maluku, pada pertandingan terakhirnya. Sejatinya pada pertandingan hari terakhir, akan bertanding derby Maluku vs Maluku Utara  di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/10/2015).

 

Ini merupakan kali kedua, tim sepakbola pra PON Maluku memilih WO. Setelah sebelumnya pada pertandingan kedua, Selasa (6/10/2015)  Maluku juga memilih tidak bermain melawan Papua. Maluku membatalkan pertandingan, karena Panitia Pelaksana (Panpel) tidak mengantongi ijin keramaian dari Polda Papua.

Sebelumnya Maluku hadir di Stadion Mandala, Kota Jayapura, namun memilih tidak bermain. Sementara pada pertandingan terakhirnya, tim Maluku sama sekali tidak hadir di lapangan.

Manager tim sepakbola Pra PON Maluku, Beny Pellu mengatakan, ketidakhadiran timnya dalam pertandingan terakhirnya, masih merujuk pada perintah Asosisasi Provinsi (Asprov) PSSI dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Maluku.

“Saya secara pribadi dan tim meminta maaf kepada Panpel karena ketidakhadiran kami pada pertandingan terakhir ini. Karena atas petunjuk tersebut kami tim lebih memilih beristirahat dan mengunjungi sanak saudara kami di Kota Jayapura ini,” kata Deny Pellu kepada Jubi di salah satu hotel di Kota Jayapura, Kamis (8/10/2015).

Lanjut dia, jika tim Maluku tetap melanjutkan pertandingan, sementara Assprov PSSI dan KONI Provinsi Maluku tidak mengijinkan, hal tersebut akan memberatkan pihaknya selaku manager tim dalam mempertanggungjawabkan dana APBD yang telah diberikan.

Ia menambahkan, apapun hasil yang didapat tim Maluku dari hasil pra kualifikasi pra PON wilayah VI tersebut pihaknya menerima.

Dengan memilih WO pada pertandingan terakhirnya, tim Maluku harus menelan kekalahan 3-0 atas Maluku Utara.

“Didalam aturan itu kan sudah jelas mekanismenya, jadi kami kembalikan saja semuanya dalam aturan,” ungkapnya.

Dengan demikian tim Maluku berada dalam posisi juru kunci di Wilayah VI zona Papua, tim Maluku sama sekali tidak memperoleh poin. Hasil dari tiga pertandingan dimana pada pertandingan pertama harus menelan kekalahan 2-0 atas Papua Barat, dan dua pertandingan sisa, mereka memilih untuk WO.

Di tempat terpisah, Ketua Panpel pertandingan kualifikasi pra PON wilayah VI, Jack Komboy, mengaku tidak tahu atas ketidakhadiran tim Maluku tersebut, pada pertandingan terakhirnya.

“Saya pribadi tidak tahu alasannya, yang jelas kami adalah menyelesaikan event ini sesuai jadwal yang ada,” kata Jack Komboy di Stadion Mandala Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/10/2015). (Munir)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Derby Maluku Batal, Maluku Kembali Walk Out