BTM: Hasil Kualifikasi Pra PON Sepakbola Wilayah VI ‘Sah’

share on:
Babak kualifikasi pra PON sepakbola wilayah VI yang diselenggarakan di Satdion Mandala, Kota Jayapura, Papua belum lama ini – Jubi/Munir
Babak kualifikasi pra PON sepakbola wilayah VI yang diselenggarakan di Satdion Mandala, Kota Jayapura, Papua belum lama ini – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Ketua Umum Asosisasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Papua, Benhur Tomi Mano atau yang akrab disapa BTM menuturkan bahwa hasil pra kualifikasi pra Pekan Olahraga Nasional (PON) wilayah VI yang diikuti oleh Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara, merupakan hasil yang sah.

 

 

“Untuk wilayah VI, Papua juara Pra PON dan Maluku Utara sebagai runner-up, dan itu sudah sah siap kita laporkan kepada KONI Pusat,” kata Mano di Kota Jayapura, Papua, Jumat (9/10/2015).

Lanjut dia, seluruh Asosisasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) merupakan pihak yang diberi tanggung jawab untuk menyelenggarakan pra kualifikasi pra Pekan Olahraga Nasional (PON) oleh KONI Pusat.

“Kita Asprov PSSI Papua yang ditunjuk sebagai tuan rumah untuk wilayah VI, atas dasar surat dari KONI Pusat tersebut kami membentuk Panitia Pelaksana dan sudah kita laksanakan pertandingan dari tanggal 4-8 Oktober 2015,” ungkapnya.

“KONI yang bertanggung jawab menyelenggarakan pra PON sepakbola tersebut sebagi induk dari seluruh cabang olahraga di Indonesia.  Atas dasar itu kami melaporkan hasil pertandingan kemarin pada KONI Pusat dan bukan kepada tim transisi,” lanjutnya.

Masih kata Mano, Asprov bertanggung jawab kepada PSSI bukan kepada tim transisi, karena tim transisi tidak memiliki perangkat pertandingan. KONI meminta perangkat pertandingan kepada PSSI dan PSSI meminjamkan perangkat pertandingan tersebut kepada KONI untuk menyelenggarakan pra PON tersebut untuk cabang olahraga sepakbola.

Sah atau tidaknya, hasil pertandingan babak kualifikasi pra Pekan Olahraga Nasional (PON) sepakbola wilayah VI, yang diikuti Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua yang diselenggarakan di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, sejak 4 – 8 Oktober 2015 merupakan hak dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat.

Hal tersebut dikatakan, Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan babak kualifikasi sepakbola pra PON wilayah VI, zona Papua dan Maluku, Jack Komboy saat konferensi pers, di Stadion Mandala Kota Jayapura pada hari terakhir pelaksanaan event, Kamis (8/10/2015).

“Kami ini hanya panitia hasil perpanjangan tangan dari KONI Pusat, soal keabsahannya kami serahkan ke KONI,” katanya.

Ia menambahkan, sampai hari terakhir pelaksanaan pertandingan pra PON, Kamis (8/10/2015) Panpel belum menerima surat dari KONI Pusat yang menyatakan pertandingan tersebut dibatalkan.

“Hari ini kami mendapatkan surat terakhir dari KONI Pusat yang dikirimkan melalui Fax, Kamis (8/10/2015) pukul 14.00 WIT. Dimana pada poin keenam tertulis “Bahwa dengan demikian diharapkan untuk babak kualifikasi cabang olahraga sepakbola harus berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, serta berkoordinasi dengan pihak terkait, khususnya kepolisian”,” ungkapnya.

Dan surat tersebut kata Jack Komboy diteruskan kepada seluruh KONI Provinsi di Indonesia. (Munir)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BTM: Hasil Kualifikasi Pra PON Sepakbola Wilayah VI ‘Sah’