Wali Kota Ternate Tinjau Sumur Warga Tercemar Limbah

share on:

Ternate, Jubi/Antara – Penjabat Wali Kota Ternate, Idrus Assagaf, meninjau sumur warga yang tercemar limbah Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Kayu Merah.

“Kami telah bertemu langsung Manager PLTD Kayu Merah, M Ariamuddin, untuk mengecek keluhan yang disampaikan warga sekitar PLTD terkait pencemaran air sumur warga diduga akibat limbah PLTD,” katanya di Ternate, Maluku Utara, Minggu (11/10/2015).

Terkait problem yang dihadapi PLN, sangat erat kaitannya dengan saluran pembuangan limbah. Menurutnya, jika dihentikan, akan berdampak pada pemadaman listrik.

“Bukan cuma PLN, kami lihat dulu dampaknya lagi karena sumur ini dan harus dibicarakan dengan PLN mencari solusinya seperti apa, agar kebutuhan air dari sumur warga tidak tercemar,” katanya.

Hal itu menyangkut kajian lingkungan atau faktor pembuangan limbah yang disalurkan karena berdampak pada sumur warga. Untuk itu, saluran atau resapan pembuangan limbah PLN yang diperhatikan, sehingga tidak berdampak pada sumur yang lain.

“Pemkot Ternate belum mengetahui pasti sistem pengelolaan limbah sehingga kalau sudah tercemar harus mengambil langkah apa,” katanya.

Sementara itu, Plt Manajer PLTD Kayu Merah, M Ariamuddin, ketika dikonfirmasi menjelaskan baru mengetahui ada komplain dari warga.
Sebelumnnya BLH dan DPRD setempat mendatangi lokasi, namun ternyata tidak ditemukan ada pencemaran lingkungan karena pada saat dilakukan peninjauan hampir tidak ada limbah oli yang kelihatan.

“Memang, dari anggota DPRD bersama BLH telah mengecek sumur warga di Kayu Merah. Sumur warga saat kami cek, ternyata sumur itu sudah terkena limbah solar pada tahun 2005 yang diangkat kembali. Sumur itu sudah ditutup dan dulu PLN sudah memberikan kompensasi pemasangan instalasi PDAM dan sudah selesai,” katanya.

Kendati begitu, dia juga mengaku, saat ini pihaknya telah mengambil sampel air di sumur warga yang sudah sebulan katanya tidak dioperasikan itu. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wali Kota Ternate Tinjau Sumur Warga Tercemar Limbah