Kempgama Gelar Kegiatan Corak Tanah Papua di UGM

share on:
Ketua Corak Tanah Papua di UGM, Agoes M Fitowin. Jubi/Arnold Belau
Ketua Corak Tanah Papua di UGM, Agoes M Fitowin. Jubi/Arnold Belau

Semarang, Jubi – Mahasiswa Papua yang sedang mengenyam pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Papua Gadjah Mada (Kempgama) didukung Pokja Papua UGM dan Universitas Gadjah Yogyakarta akan menyelenggarakan Kegiatan Corak Tanah Papua dengan tema Mengenal dan Memahami Papua dari Beragam Perspektif.

Mahasiswa Papua UGM dan juga panitia, Enjelin Patricia Resubun, menjelaskan hal itu kepada Jubi, Rabu (14/10/2015).

“Kegiatan ini dalam rangka Dies Natalis UGM ke-66. Tujuan eksternalnya untuk memperbaiki citra negatif masyarakat Yogya terhadap mahasiswa asal Papua dan juga membangkitkan kesadaran seluruh masyarakat Indonesia di Yogyakarta untuk bersama-sama berkontribusi membangun Tanah Papua. Tujuan internalnya untuk mempererat ikatan antar mahasiswa asal Papua di Yogyakarta dan mengembangkan kapasitas diri mahasiswa asal Papua lewat kegiatan positif dan produktif,” jelasnya melalui surat elektronik, yang diterima Jubi, Rabu (14/10/2015).

Enjelin mengatakan untuk menyelenggarakan kegiatan ini, persiapan sudah dilakukan sejak Juni 2015. Kegiatan yang akan dilakukan adalah pameran (foto, seni, dan budaya), lomba fotografi, wisata kuliner, dan malam budaya Papua.

“Selain itu akan ada talkshow tentang Papua di Mata Yogya, strategi pengembangan pendidikan Papua, sharing peluang beasiswa bagi mahasiswa Papua, serta sharing dan pemutaran film tentang Papua,” katanya.

Enjelin berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi pandangan masyarakat Yogyakarta terhadap anak Papua dengan melihat bahwa anak Papua juga bisa melakukan kegiatan positif dan tidak semua anak Papua seperti apa yang selama ini digeneralisasikan oleh kebanyakan masyarakat Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua Panitia Corak Tanah Papua, Agoes M Fitowin, mengatakan karena ada teman-teman dari Papua yang mendapat kesempatan belajar di UGM yang disatukan dalam wadah KEMPGAMA (Keluarga Mahasiswa Papua Universitas Gadjah Mada) sehingga sudah menjadi kewajiban kami untuk memperkenalkan banyak hal positif terkait Papua yang belum banyak diketahui.

“Kenapa kami membuat kegiatan tentang Papua, karena yang pertama itu adalah kewajiban kami sebagai mahasiswa asal Papua untuk membangun kesadaran dan memperkenalkan hal-hal yang positif tentang Papua. Masih banyak mahasiswa dan masyarakat yang belum mengenal secara baik, budaya dan pendidikan Papua,” katanya.

Agoes berharap dengan acara Corak Tanah Papua ini dapat mempererat hubungan antar mahasiswa Papua dan masyarakat di sekitar menjadi lebih baik. Hal ini dibagikan secara khusus kepada mahasiswa dan masyarakat luas pada umumnya.

Kegiatan Corak Tanah Papua akan digelar 30 – 31 Oktober 2015 di kampus UGM Yogyakarta. (Arnold Belau)

 

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kempgama Gelar Kegiatan Corak Tanah Papua di UGM