Ratusan Hektar Pohon Karet di Merauke Terbakar

share on:
kebakaran
Kadis Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Merauke, Efendi Kanan. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Ratusan hektar pohon karet milik masyarakat di Distrik Jagebob, Ulilin, Elikobel dan Muting, Kabupaten Merauke yang siap disadap dan dijual terbakar dalam beberapa pekan terakhir.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Merauke, Efendi Kanan kepada Jubi di ruang kerjanya Selasa (13/10/2015) mengatakan, pihaknya belum mendapatkan laporan secara resmi tentang pohon karet yang terbakar sehingga dirinya mengetahui penyebab kebakar ratusan karet tersebut.

Menurut informasi yang beredar, kebakaran tersebut dipicu puntung rokok yang dibuang pemburu hingga mengenai rerumputan kering. Apalagi saat ini kabupaten itu dilanda kekeringan sebagai dampak dari badai El Nino di lautan Pasifik.

“Memang kuncinya adalah kembali kepada petani karet sendiri. Dimana, harus membersihkan hamparan yang telah ditanami karet. Sehingga tidak memunculkan kebakaran seperti begini,” katanya.

Efendi menambahkan, dalam waktu dekat juga, pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan pendataan sekaligus mengetahui berapa hektar tanaman karet yang terbakar.

“Saya berharap agar tidak semua tanaman karet terbakar. Karena menjadi salah satu sandaran hidup bagi masyarakat di kampung,” tuturnya.

Salah seorang petani karet di Muting, Max Mahuze beberapa waktu lalu mengatakan, secara umum, tanaman karet adalah salah satu komoditi andalan yang kini digeluti masyarakat Sebab harganya terbilang stabil dan bisa menghidupi petani. (Frans L. Kobun)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ratusan Hektar Pohon Karet di Merauke Terbakar