Disperindakop Jayapura Akan Verifikasi Dokumen Sejumlah Koperasi

share on:
Juda Ansaka (Kadis Perindakop dan UKM) - Jubi / Engel Wally
Juda Ansaka (Kadis Perindakop dan UKM) – Jubi / Engel Wally

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura, Juda Ansaka, mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi dokumen keabsahan sejumlah koperasi di Kabupaten Jayapura.

“Koperasi yang tidak memiliki kelengkapan dokumen akan ditutup. Koperasi yang benar-benar memiliki dokumen lengkap yang akan menjadi perhatian pemerintah,” kata Juda, di Sentani, Kamis (15/10/2015).

Menurutnya, kelengkapan dokumen harus ditunjang dengan kondisi fisik bangunan koperasi yang benar-benar aktif atau sedang berjalan. Hal ini dimaksud agar dalam pelaksanaan pembinaan pemerintah juga memiliki data akurat.

“Selama ini hanya dokumen yang dimasukkan, alamat yang tertera dalam dokumen tersebut tidak sama dengan kenyataan di lapangan. Tentunya ini melanggar dari apa yang menjadi persyaratan berdirinya sebuah koperasi,” katanya.

Dikatakannya, selain verifikasi dokumen, pihaknya juga akan melaksanakan pelatihan manajemen koperasi bagi pemilik koperasi yang ada dalam data Perindakop dan UKM Kabupaten Jayapura.

“Pelatihan kali ini seluruh materi akan diberikan oleh Lembaga Pengkajian dan Penelitian Manajemen Koperasi (LP2MK) Universitas Hasanudin Makasar,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Forum Kota (Forkot) Sentani, Deniks Felle, mengatakan keberadaan koperasi di,wilayah ini sangat di butuhkan guna mendongkrak kerja dan pendapatan masyarakat asli dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi sehari-hari.

“Hanya dengan mengikutsertakan masyarakat menjadi anggota koperasi, taraf hidup akan berubah dan meningkat. Sekarang masyarakat mau pilih yang mana,” katanya. (Engel Wally)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disperindakop Jayapura Akan Verifikasi Dokumen Sejumlah Koperasi