Warga Panik Puluhan Hektar Lahan Terbakar

share on:

Sorong, Jubi – Sekitar puluhan hektar lahan milik warga di seputaran Km 16, tepatnya di lokasi Ring III, belakang stadion Wombik, Kota Sorong, Papua Barat terbakar Kamis (15/10/2015), sekitar pukul 16.30 waktu setempat.

Tak ada korban jiwa dan dampak signifikan dalam peristiwa itu, tetapi sempat membuat warga panik lantaran lokasi kebakaran tidak jauh dari daerah pemukiman warga.

Setelah melihat sumber api tersebut, warga berusaha memadamkan api yang kian berkobar. Namun usaha mereka nihil karena kobaran api makin membesar.

Tak berselang lama petugas kepolisian dan pemadam kebakaran (damkar) yang dipimpin Kapolres Sorong Kota AKBP Karimudin Ritonga tiba di lokasi kebakaran. Dibantu 1 unit mobil damkar milik Pemkot Sorong dan 1 unit mobil Water Canon milik Polres Sorong Kota api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 1730 WIT.

Salah seorang warga, P. Burdam mengaku saat itu api tiba-tiba saja muncul di salah satu kebun milik warga. Sontak warga yang melihat langsung panik dan berusaha memadamkannya.

“Saya mau ke kebun, tapi dari jauh saya lihat ada asap, setelah dicek ternyata kebakaran makanya saya minta tolong warga,” katanya.

Ia mengaku lokasi yang terbakar merupakan lahan kebun warga dan kejadian tersebut baru pertama kali. Saat terjadi kebakaran api merambat dari arah selatan ke utara atau ke arah gunung sesuai arah angin.

“Mungkin karena kemarau panjang karena baru terjadi kali ini,” katanya.

Sementara Kapolres Sorong Kota AKBP Karimudin Ritonga mengaku pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran serta luas lahan yang terbakar sambil tetap siaga mengantisipasi kebakaran susulan.

“Kita belum tahu pasti penyebabnya karena dari tadi fokus pemadaman,” ujar Kapolres sembari mengimbau warga mengantisipasi bahaya kebakaran.

Hingga berita ini diturunkan petugas masih siaga mengantisipasi kebakaran susulan karena banyak sumber api yang belum padam secara sempurna. (Niko MB)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Warga Panik Puluhan Hektar Lahan Terbakar