Wagub Ingin Masalah Mimika segera Diselesaikan

share on:
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal - Jubi/Alex
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menginginkan masalah yang terjadi antara anggota DPRD terpilih Kabupaten Mimika dengan pemerintah setempat segera bisa diselesaikan. Pasalnya keberadaan wakil rakyat dalam roda pemerintahan sangat diperlukan.

“Meskipun saya tidak tahu pasti akan masalah ini, tapi saya inginkan untuk segera diselesaikan,” kata Klemen Tinal, di Jayapura, Minggu (18/10/2015).

Klemen mengaku, sejauh ini dirinya tak pernah dilibatkan dalam penyelesaian masalah Mimika, namun pemerintah Papua dalam hal ini Gubernur beserta jajaran terkait mampu menyelesaikan.

“DPRD harus jalan, untuk itu harus jelas keputusan yang diinginkan seperti apa. Apalagi para anggota terpilih itu orang-orang terbaik. Mereka semua itu anak-anak kita, untuk itu masalah ini harus segera diselesaikan,” ucapnya.

Sebelumnya Gubernur Papua, Lukas Enembe mengaku tidak akan menandatangani surat keputusan (SK) pelantikan DPRD Mimika, jika masalah belum juga tuntas.

“Selama belum beres, saya tidak mau tanda tangan. Karena itu bikin masalah, Timika sangat rawan konflik, nantinya kalau terjadi apa-apa gubernur yang disalahkan,” kata Lukas Enembe, Kamis (3/9/2015).

Menurut Enembe, hasil pertemuan dirinya bersama KPU Papua dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Rabu (2/9/2015) lalu belum juga mencapai titik temu, karena bupati tetap bersikukuh SK 16a tentang nama-nama 35 anggota DPRD Mimika itulah yang harus dilantik dan sah.

“Memang dari dulu sudah deadlock masalah DPRD Timika dan memang belum diputuskan belum ada titik temu, karena persoalan SK-nya,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengaku pihaknya tetap akan mempertahankan SK 16a sehingga tidak dapat mengambil langkah lebih lanjut untuk menyelesaikan permasalahan ini. (Alexander Loen)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wagub Ingin Masalah Mimika segera Diselesaikan