Aksi Protes Anti Korupsi di Vanuatu Tertunda

share on:
Gedung parlemen Vanuatu - RNZ / Walter Zweifel
Gedung parlemen Vanuatu – RNZ / Walter Zweifel

Jayapura, Jubi – Rencana aktivis Anti-korupsi untuk berdemonstrasi yang direncanakan hari ini (Senin, 19/10/2015) di ibukota Vanuatu Port Vila telah ditunda menyusul penangkapan 11 anggota parlemen pada hari Jumat lalu.

Vanuatu Women Against Crime and Corruption telah mendapatkan izin polisi untuk aksi protes. Namun juru bicara aksi ini, Jenny Ligo mengatakan polisi memiliki wewenang untuk memastikan perdamaian dan ketertiban di dalam negeri.

“Perdana Menteri Sato Kilman terus meminta masyarakat Vanuatu tenang setelah penangkapan beberapa anggota parlemen atas tuduhan korupsi, berikut pengampunan kontroversial yang diberikan kepada para tersangka ini minggu lalu,” ujar Ligo, dikutip Vanuatu Daily, Senin (19/10/2015).

Ligo mengatakan masyarakat Vanuatu umumnya percaya diri dalam proses yang diikuti tetapi mereka masih berencana untuk menyuarakan keprihatinan mereka pada protes minggu depan.

Anggota oposisi di parlemen Vanuatu mengatakan mereka harus memiliki kepastian minggu ini untuk mengajukan mosi tidak percaya dalam pemerintahan.

14 anggota parlemen negara ini menunggu hukuman mereka pada Kamis pekan ini. Dan oposisi gagal dalam upaya akhir mereka, pekan lalu untuk mengajukan mosi terhadap pemerintah Kilman.

Dengan kedatangan anggota parlemen dari Ambrym, Bruno Leignkone, dan suara dari anggota parlemen baru Kenneth Natapei, oposisi mengatakan mereka akan memiliki cukup suara untuk menjatuhkan pemerintah.

Perdana Menteri Sato Kilman mengeluarkan pernyataan pers kemarin yang meminta masyarakat untuk tetap tenang menghadapi perkembangan minggu ini.

Setelah empat menterinya dipecat, Kilman sekarang menjabat menteri pertanahan, pekerjaan umum, pendidikan dan perubahan iklim.

Masih ada dua menterinya yang menunggu kepastian hukum, yakni Moana Karkas yang juga menjabat wakil perdana menteri dan Serge Vohor sebagai menteri kesehatan. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Aksi Protes Anti Korupsi di Vanuatu Tertunda