Pemkab Merauke Siapkan Dana Untuk Petani Yang Gagal Panen

share on:

 

kekeringan
Bupati Merauke, Romanus Mbaraka. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke mengambil kebijakan dengan menyiapkan anggaran dalam APBD Perubahan Tahun 2015 untuk diberikan kepada petani yang mengalami gagal panen, akibat kemarau panjang beberapa bulan lalu.

Demikian disampaikan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka saat ditemui Jubi Senin (19/10). Dikatakan, jaminan kepada para petani itu ada dan dananya disiapkan melalui APBD tahun 2015.

Dikatakan, saat ini, pemerintah sedang mendata jumlah luasan sawah yang gagal panen. “Kita belum tahu apakah berkaitan dengan pinjaman petani di bank, ini masih diteliti dan dilakukan pembahasan kembali bersama Petugas PPL serta Gapoktan,” ujarnya.

Diakui jika terdapat beberapa kawasan yang datanya telah valid dan pemerintah segera memberikan kompensasi pada Bulan November 2015. Kompensasi dimaksud sebagai stimulan bagi petani untuk persiapan menanam tahun 2016.

Dijelaskan, kompensasi yang diberikan bukan berdasarkan hitungan lahan yang mengalami gagal panen. Tetapi berapa jumlah petani yang mempunyai keterikatan dengan bank. “Itu yang menjadi fokus perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Merauke mengatakan, nilai kompensasi yang diberikan nanti, tidak sama dengan biaya produksi petani untuk tiap hektar dengan kisaran antara Rp 3.000.000-Rp 5.000.000.

Pemerintah, katanya, memberikan kompensasi lebih kecil dari ongkos produksi. Sehingga bisa membantu para petani untuk persiapan musim tanam tahun depan.

Anggota DPRD Kabupaten Merauke, Heribertus Silubun menambahkan, langkah yang dilakukan pemerintah itu sangat tepat dan wajar jika petani yang mengalami gagal panen, harus dibantu. Sehingga mereka termotivasi bekerja pada musim tanam berikutnya. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Merauke Siapkan  Dana Untuk Petani Yang Gagal Panen