Rumkabu Ingin Selasaikan Kuliah, Sebelum jadi Pelatih

share on:
Lukas Rumkabu (tengah) Bersama Patrick Wanggai (kanan) dan Izack Wanggai (kiri) – IST
Lukas Rumkabu (tengah) Bersama Patrick Wanggai (kanan) dan Izack Wanggai (kiri) – IST

Jayapura, Jubi – Meski telah mengantongi lisensi kepelatihan D, namun mantan pesepakbola asal Papua, Lukas Rumkabu menyatakan hingga kini belum berencana terjun ke dunia pelatih.

Ia mengatakan, ada beberapa hal penting yang ia perlu selesaikan terlebih dahulu sebelum benar-benar fokus menjadi pelatih kulit bundar.

“Kini saya belum memikirkan untuk sepenuhnya jadi pelatih sepak bola atau membuka Sekolah Sepak Bola (SSB). Kini saya fokus menyelesaikan kuliah saya dulu, dan memperbaiki golongan saya di kantor,” kata Lukas Rumkabu via pesan singkatnya kepada Jubi, Senin (19/10/2015).

“Selama ini kuliah saya tidak selesai karena fokus main bola. Saya ingin kuliah saya selesai dulu. Setelah itu barulah saya memikirkan langkah selanjutnya di dunia bola,” ucap Lukas yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten Jayapura.

Kata Rumkabu, meski kini belum memikirkan menjadi pelatih walau telah memiliki lisensi kepelatihan dasar, namun mantan pemain Persipura dan Persidafon itu tak akan meninggalkan sepak bola. Dunia yang membesarkan namanya.

“Saya tetap punya keinginan untuk kembali ke dunia bola. Bukan sebagai pemain tapi pelatih. Apalagi Kini saya sudah mengantongi lisensi kepelatihan D. Sepakbola adalah hidup saya,” katanya.

Jika kini Rumkabu belum memikirkan langkah berikutnya jika kembali ke dunia sepak bola, apakah sebagi pelatih atau mendirikan SBB, mantan pesepakbola Papua lainnya, Jack Komboy sudah kembali berkecimpung di dunia kulit bundar sejak 2013 lalu.

Meski tak terjun langsung, namun mantan defender tangguh Persipura yang kini menekuni dunia politik itu, telah mendirikan SSB sejak dua tahun lalu. SSB milik anggota DPR Papua tersebut diresmikan (21/4/2013) dan diberi nama Heynes, bermarkas di Lapangan Stie Ottow Gaissler, Kotaraja Dalam, Kota Jayapura.

“Saya sudah lama berkeinginan mendirikan SSB. Selain bisa melahirkan pemain berbakat, SSB juga bisa menghidarkan generasi muda dari pengaruh lingkungan yang buruk,” kata Jack Komboy ketika berbincang-bincang dengan Jubi pada suatu ketika. (Arjuna Pademme)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Rumkabu Ingin Selasaikan Kuliah, Sebelum jadi Pelatih