Imigrasi Palu Berharap Media Awasi Orang Asing

share on:

Palu, Jubi/Antara – Kepala Kantor Imigrasi Palu, Tantawi Januar, mengharapkan insan media massa ikut berpartisipasi mengawasi orang asing di Sulawesi Tengah.

“Media dan masyarakat seharusnya ikut proaktif mengawasi keberadaan orang asing, apalagi kini ada kebijakan bebas visa,” katanya, di Palu, Selasa (20/10/2015).

Kebijakan bebas visa semakin memberikan peluang dan kemudahan bagi orang asing berdatangan ke provinsi ini.

Menurut dia, tanpa adanya dukungan dari media dan masyarakat, kantor imigrasi tidak akan mampu untuk mendeteksi keberadaan orang asing karena keterbatasan tenaga.

Petugas imigrasi sangat kurang dan tidak sebanding dengan luas wilayah yang harus diawasi selama ini.

Hingga kini, kata dia imigrasi baru memiliki dua kantor yaitu satu di Luwuk, Kabupaten Banggai, dan Kota Palu.

Ada rencana untuk membuka kantor imigrasi di salah satu kabupaten di Sulteng yakni Tolitoli, untuk semakin memudahkan pelayanan pada masyarakat dan juga pengawasan orang asing yang masuk ke Sulteng.

Sehubungan dengan kebijakan pembebasan visa, imigrasi mengimbau semua pihak untuk ikut mengawal dan mengawasi pergerakan orang asing, terutama yang bekerja di berbagai perusahaan.

Karena selama ini banyak ditemukan kasus pelanggaran keimigrasian terutama penyalahgunaan visa.

Mereka masuk dengan menggunakan visa kunjungan budaya dan wisata, tetapi kenyataannya justru melakukan kegiatan bisnis dan bekerja di berbagai perusahaan dan paling banyak di sektor pertambangan. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Imigrasi Palu Berharap Media Awasi Orang Asing